7 Fakta Menumbuhkan Brewok yang Mesti Bro Ketahui

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Kebanyakan pria khususnya mereka yang muda terkadang memimpikan bahwa  suatu hari dapat menumbuhkan brewok pada wajah mereka agar tampil lebih maskulin.

Kemudian ketika mereka bertambah tua dan benar-benar mulai menumbuhkan jenggot, mereka mencukurnya karena ternyata punya rambut wajah tidak senyaman yang mereka kira dan membutuhkan banyak perawatan.

Tetapi bagi sebagian pria tidak bisa memiliki wajah tanpa brewok dan tidak pernah mencukur bersih wajahnya. Entah itu bagian dari tren mode atau karena anjuran agama, menumbuhkan jenggot bisa menjadi transformasi yang memuaskan dan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 6 fakta tentang menumbuhkan brewok atau jenggot yang mungkin belum Bro ketahui.

Menumbuhkan Brewok
Source: pixel.com

Jenggot Bisa Tumbuh Lebih dari Empat Kali Tinggi Pria 

Diperkirakan sekitar 55 persen pria di seluruh dunia memiliki beberapa jenis rambut wajah, baik itu janggut penuh, Fu Manchu, atau kumis biasa.

Jenggot rata-rata akan tumbuh 12,5 cm dalam setahun dan terdiri dari sekitar 30.000 rambut halus. Jika rata-rata pria tidak pernah mencukur jenggotnya, dia akan memiliki janggut setinggi 8,3 meter saat mereka tua.

Jenggot Membuat Pria Terlihat Menarik, Dominan, dan Agresif 

Menumbuhkan Brewok

Ketampanan memang ada di mata yang melihatnya, tetapi brewok yang rapi bisa menarik hati para wanita. Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti dari University of New South Wales di Australia meminta 351 wanita dan 177 pria heteroseksual untuk menilai foto 10 pria berdasarkan daya tarik, maskulinitas, kesehatan, dan potensi kemampuan mengasuh anak.

Pria dengan jenggot tebal  dianggap paling menarik oleh wanita; mereka yang berjanggut penuh mendapat skor tertinggi dalam keterampilan mengasuh anak di antara perempuan dan laki-laki heteroseksual. Pria dengan jenggot tipis mendapat skor terendah di semua kategori, bahkan dibandingkan dengan pria yang dicukur bersih.

Jenggot melindungimu dari Panas, Alergi, dan Bakteri

Siapa sangka jika brewok juga dapat melindungi wajah dari berbagai masalah termasuk panas radiasi. Jika bercukur membuat Bro merasa memiliki wajah yang lebih bersih, ternyata jenggot atau Brewok justru dapat menghalangi sekitar 95% radiasi sinar UV matahari.

Selain itu saat mencukur Brewok atau jenggot Bro juga dapat menyebabkan infeksi folikel atau ruam cukur. Dengan kata lain Bro juga menyebarkan bakteri di wajah jika terlalu sering bercukur dan tidak menggunakan produk perawatan yang tepat.

Jenggot dapat melindungi Bro dari kanker kulit dan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat di bawah janggut.

Selain itu, jika Bro alergi terhadap serbuk sari atau debu, maka Bro punya satu alasan lain untuk menumbuhkan brewok. Brewok dapat melindungi Bro dari alergi serbuk sari dan debu.

Jadi, jika Bro menderita asma Bro bisa tumbuhkan janggut panjang dan tunggulah hasilnya apabila Bro cuma berpikir bahwa fakta Brewok yang satu ini hanya candaan.

Jangan salah, brewok juga melindungi Bro dari masalah kulit seperti noda dan rambut yang tumbuh ke dalam bersama dengan luka dan boresan yang dapat membawa bakteri penyebab infeksi. 

Inspirasi Jenggot Abraham Lincoln 

Menumbuhkan Brewok

Tahukah Bro jika ada banyak inspirasi atau hal yang dapat membuat seseorang menumbuhkan brewok. Salah satunya adalah kisah inspirasi jenggot Abraham Lincoln.

Presiden ke 16 Amerika ini menumbuhkan jenggotnya karena seorang anak berusia 11 tahun menulis surat kepadanya. Dalam surat itu si anak meminta Lincoln untuk menumbuhkan janggut.

Pesan dalam surat itu berbunyi: Anda akan terlihat jauh lebih baik, karena wajah Anda sangat kurus. Ini adalah salah satu fakta yang banyak orang tidak tahu tentang jenggot Abraham Lincoln.

Lain kali jika ada seseorang meskipun seorang anak berusia 11 tahun memberi Bro saran tentang menumbuhkan brewok, Bro harus coba saran tersebut.

Pajak Menumbuhkan Brewok di Rusia Abad 17

Tahukah kamu bahwa Rusia mengenakan pajak untuk menumbuhkan jenggot? Pada abad ke-17, seorang pria harus membayar 100 puing sebagai pajak untuk menumbuhkan jenggot.

Para pria yang memiliki jenggot juga diberi tanda dan dicap sebagai orang yang tidak berguna. Untungnya Bro tidak lahir di abad ke-17, kalau tidak Bro harus bayar pajak menumbuhkan jenggot!

Fakta Menumbuhkan Brewok Lebih Hemat Biaya

Menumbuhkan Brewok

Menumbuhkan brewok sebenarnya dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Bahkan jika Bro menghabiskan uang untuk membeli minyak jenggot dan perlengkapan penumbuh brewok, Bro tetap bisa lebih menghemat biaya dibandingkan  harus membeli pisau cukur dan krim cukur atau bahkan harus pergi mencukur ke salon atau Barber..

Jika Bro ingin membeli produk yang berbeda untuk melembabkan dan membentuk jenggot, Bro tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan untuk mencukur.

Baca juga : 8 Mitos Brewok Populer ini Terbantahkan

Rekor Jenggot Terpanjang

Pernahkah Bro melihat pemegang rekor untuk pertumbuhan jenggot terpanjang? Pada tahun 1997, seorang pria bernama Shamser Singh dari Punjab, India, menerima gelar untuk jenggot terpanjang di dunia.

Jenggotnya berukuran sekitar 6 kaki atau 1,8 meter panjangnya dari dagu ke ujung. Sekarang, janggut terpanjang yang tercatat dalam sejarah berasal dari seorang pria Norwegia bernama Hans Langseth. Jenggotnya yang berukuran 17 kaki-6 inci atau sekitar 5,2 meter disimpan di Smithsonian Institution.

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Brewok

Aturan pertama untuk menumbuhkan jenggot adalah dengan mengetahui kondisi rambut wajah. Jika Bro tidak terbiasa dengan rambut wajah, bagaimana Bro bisa tahu apa yang nantinya Bro harapkan? Pikirkan tentang seberapa sering Bro harus bercukur.

Ketika Bro bercukur setiap hari, Bro tahu seberapa jauh jenggot Bro tumbuh dan ke arah mana rambut tumbuh. Bro juga bisa mengamati setelah beberapa waktu ppakah Brewok atau jenggot tumbuh secara atau memiliki patchy.

Gunakan Produk Perawatan Untuk Menumbuhkan Jenggot 

Pertumbuhan jenggot bergantung pada kesehatan Bro sendiri. Jika Bro ingin menumbuhkan jenggot yang sehat, rawat diri terlebih dahulu. Seperti rambut di kepala, rambut wajah Bro juga membutuhkan diet yang sehat, jadwal tidur yang teratur, dan hidrasi. 

Jika Bro butuh bantuan untuk mencapai tujuan Bro dalam menumbuhkan brewok, cobalah untuk mengurangi stres sebisa mungkin. Rambut rontok bisa terjadi karena terlalu banyak stres. Untuk meredakan stres, pastikan Bro cukup istirahat di malam hari. 

Pilih Produk Berkualitas

Menumbuhkan Brewok

Selain itu, jagalah pola makan dengan seimbang. Bagaimanapun, tubuh membutuhkan nutrisi untuk menumbuhkan rambut termasuk untuk menumbuhkan rambut pada wajah. Jangan lupa untuk merawat kulit wajah dengan menggunakan produk perawatan yang tepat.

Perawatan kulit penting untuk penampilan secara keseluruhan, tetapi merawat kulit dan menjaga rutinitas dapat membantu Bro menumbuhkan jenggot yang lebih tebal dan lebih sehat.

Saat ini bro bisa mendapatkan banyak ragam produk perawatan brewok baik itu beard balm, beard oil atau produk lainnya. Sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kulit wajah dan pastikan aman digunakan secara rutin.

Bro juga mesti tahu beberapa alasan yang membuat brewok tak tumbuh, jika brewok tak kunjung tumbuh meski sudah menggunakan produk perawatan.

Maaz Grooming adalah brand perawatan brewok yang punya banyak ragam produk. Bro bisa pilih produk yang sesuai untuk menumbuhkan brewok yang sehat dan lebat.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.