8 Mitos Brewok Populer Ini Terbantahkan

8 Mitos Brewok Populer Ini Terbantahkan

Di zaman modern seperti sekarang agaknya cukup sulit untuk membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang salah atau hoax. Berkembangnya internet membuat informasi semakin mudah tersebar. Tak terkecuali dalam dunia per-brewokan. Ada banyak mitos yang beredar terkait pertumbuhan brewok dan Bro mesti tahu mana berita atau pernyataan yang merupakan mitos dan mana yang merupakan fakta.  Berikut adalah beberapa mitos brewok yang terbantahkan dan perlu Bro ketahui kebenarannya. 

Mitos-mitos tentang brewok yang harus Bro pahami fakta sebenarnya

Bercukur bisa membuat brewok lebih panjang dan lebat

Mitos yang satu ini adalah mitos yang paling sering didengar dan banyak dipercaya oleh masyarakat. Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memotong rambut maka rambut bisa tumbuh lebih panjang dan lebih lebat. Padahal, kenyataannya tidaklah begitu. Banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa bercukur tidak akan membuat brewok atau  jenggotmu bertambah panjang maupun lebat. Jika Bro merasa demikian setelah bercukur, sebenarnya hal tersebut hanyalah ilusi atau perasaan Bro semata. Sebenarnya setelah bercukur biasanya Bro akan mendapatkan ujung rambut yang lebih tebal dikarenakan ujung yang dipotong biasanya merupakan bagian yang sudah menipis. Karena menyisakan ujung helaian rambut yang tebal maka brewok atau rambut jenggot terlihat lebat. Satu hal yang pasti, saat Bro mencukur brewok atau jenggot maka brewok akan semakin pendek dan Bro harus menunggu lagi agar brewok bisa tumbuh seperti semula.

Patchy beard tidak akan tumbuh sempurna

Tidak semua pria memiliki brewok yang penuh dan lebat. Sebagian pria memiliki masalah patchy beard. Mitos brewok yang satu ini juga tidaklah benar. Jika seorang pria memiliki bagian yang patchy atau tidak ditumbuhi rambut, maka dengan berjalannya waktu, bagian tersebut juga akan tumbuh. Dengan melakukan perawatan yang benar dan penggunaan produk yang tepat maka Bro bisa mengisi bagian yang kosong atau bald spot pada brewok Bro yang patchy. Perlu Bro ketahui, setiap folikel rambut di dalam kulit memiliki tahap pertumbuhan dan waktu tumbuh yang berbeda-beda sehingga tidak semua rambut akan tumbuh secara bersamaan. Kalau Bro punya brewok patchy maka Bro harus lebih sabar menunggu bagian tersebut untuk tumbuh seperti bagian lainnya. 

Gen brewok berasal dari ibu

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa gen rambut khususnya brewok diturunkan dari pihak ibu atau keluarga perempuan. Padahal kenyataannya tidaklah seperti itu. Jika seorang pria tidak bisa menumbuhkan brewok atau jenggot maka itu bukanlah salah ibu atau keluarga pihak perempuan. Meskipun memang pertumbuhan brewok dipengaruhi oleh faktor genetis tidak berarti gen tersebut hanya berasal dari ibu saja. Tumbuhnya brewok merupakan hasil gabungan atau kombinasi dari berbagai gen yang ada di dalam keluarga. Jadi, jika brewok Bro tidak tumbuh jangan hanya salahkan pihak ibu saja tetapi juga semua orang yang ada di dalam keluargamu. Mitos brewok ini tentunya sudah terpatahkan dengan adanya berbagai penelitian ilmiah. 

Brewok membuat kulit terasa panas

Mungkin Bro berpikir bahwa rambut yang ada pada wajah bisa membuat Bro merasa lebih panas terutama saat cuaca sedang terik atau musim panas. Bro juga pasti membayangkan jika brewok akan membuat Bro lebih berkeringat dan merasa tidak nyaman. Jangan percaya mitos brewok yang satu ini jika Bro ingin menumbuhkan brewok yang cukup panjang. Bro tidak perlu khawatir karena brewok yang beliau miliki tidak akan membuatmu merasa panas. Nyatanya, brewok bisa membuat Bro merasa lebih sejuk karena rambut pada brewok bisa berfungsi layaknya penghalang sinar UV dan panas matahari. Sebuah studi menyebutkan bahwa brewok bisa menangkal sinar matahari hingga 95%. Selain mampu menangkal sinar matahari dan melindungi kulit, brewok yang dirawat dengan baik juga bisa membantu mempercepat proses evaporasi keringat sehingga kulit akan terasa lebih sejuk. 

Brewok akan mencapai puncak pertumbuhan di usia 20an

Kalau usia Bro sudah beranjak 20 tahun lebih dan Bro masih belum mendapatkan brewok atau jenggot yang penuh atau sempurna Bro, tidak perlu khawatir. Mitos brewok satu ini juga tidak sepenuhnya benar karena brewok juga bisa tumbuh di usia 30-an dan di fase itulah baru akan mendapatkan brewok panjang dan lebat. Jadi, kalau saat ini brewok Bro masih patchy, Bro tidak perlu khawatir ,masih ada banyak waktu untuk menumbuhkannya.

Brewok atau jenggot adalah sarang kotoran dan kuman

Ada banyak mitos brewok yang beredar saat ini tetapi mitos yang satu ini benar-benar bisa membuat seorang pemilik brewok merasa kesal. Bagaimana tidak, pemilik brewok kerap dicap sebagai seorang yang tidak memperhatikan kebersihan dan kerapian. Beberapa orang bahkan percaya bahwa brewok merupakan tempat bersarangnya kotoran dan kuman. Mitos brewok ini sebenarnya tidak tepat karena jika brewok terlihat kotor atau tidak rapi itu disebabkan karena pemiliknya tidak menjaga kebersihan brewoknya dengan benar. Banyak pemilik brewok yang tidak acuh terhadap brewok yang ia miliki dan merawatnya dengan sepenuh hati. Sebuah penelitian yang bertajuk "Bacterial ecology of hospital workers’ facial hair: a cross-sectional study" dan dilakukan pada 408 pekerja kesehatan di tahun 2014 juga menyimpulkan bahwa pemilik brewok memiliki resiko yang lebih kecil terpapar kuman dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki brewok atau clean shaved

Brewok tidak perlu dicuci setiap hari

Mitos brewok yang satu ini juga sering kita dengar. Mungkin ada beberapa pihak yang percaya dan mengatakan bahwa brewok tidak perlu dibersihkan setiap hari. Padahal, sama seperti rambut yang ada pada kepala, rambut brewok juga mesti dibersihkan setiap hari terutama jika Bro bekerja di luar ruangan dan sering terpapar polusi, debu maupun kotoran. Jika Bro melewatkan perawatan rutin dengan tidak membersihkan bahwa setiap hari maka Bro akan mengetahui perbedaan kondisinya jika dibandingkan dengan brewok yang dirawat setiap hari. Jadi, jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan brewok setiap hari terutama sebelum bercukur karena rambut brewok atau jenggot akan lebih lembut jika dibersihkan dengan shampo serta kondisioner sebelumnya.

Itulah beberapa mitos brewok yang banyak beredar di masyarakat. Jika Bro mendengar beberapa pernyataan atau berita mengenai brewok, ada baiknya Bro mengecek terlebih dahulu apakah berita tersebut benar ataukah hanya mitos belaka. Apapun mitos yang beredar, faktanya brewok atau jenggot akan tumbuh lebih sehat dan lebat apabila mendapatkan perawatan yang tepat. Bro tidak boleh malas merawat brewok jika tidak ingin mendapatkan stigma yang buruk tentang brewok yang Bro miliki. Jika Bro ingin merawat brewok dengan benar, pastikan Bro juga menggunakan produk perawatan yang tepat. Maaz Grooming adalah brand perawatan pria yang akan diluncurkan tahun ini dan bisa membantu Bro mendapatkan brewok sehat menawan seperti yang kau inginkan. Daftar dan subscribe untuk dapat info dan promo lebih lanjut.

Tulis komentar