Memahami Proses Natural Bagaimana Brewok Bro Tumbuh

Untuk bisa mendapatkan brewok tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apalagi jika ingin tumbuh brewok secara alami atau secara natural. Karena jika tak memahami proses-prosesnya maka bisa terjadi kesalahan yang fatal untuk kaum pria. Nggak bisa dipungkiri cowok yang brewokan memang lebih macho.

Banyak yang harus jatuh bangun mempelajari cara menumbuhkan brewok yang ampuh dan aman. Mulai dari mencoba berbagai macam bahan alami, pakai minyak brewok dengan merek A, sampai beli krim dengan merek B. Wah, nggak bisa dihitung deh effort yang keluar! Apakah kamu termasuk salah satu yang berencana numbuhin brewok biar keliatan lebih manly atau dewasa?

Proses biologis tumbuhnya bulu di wajah

Fase Pertumbuhan Natural dari Folikel Rambut Brewok

1. Pertumbuhan (Anagen)

Pada proses ini disebut dengan fase pertumbuhan karena pada masuk tahap ini rambut mulai tumbuh keluar dari folikel rambut-rambut kemudian akan muncul ke permukaan pori-pori, pertumbuhannya juga kira-kira sekitar 1 cm dalam satu bulan dimana pertumbuhan ini berlangsung selama 2 sampai 6 tahun. Ada beberapa pria yang merangsang fase pertumbuhan ini agar mendapatkan jenggot yang lebih lebat dengan cara penggunaan dari produk Maaz Grooming.

Setiap fase memungkinkan pertumbuhan waktu yang berbeda-beda baik dari sifat genetik maupun lainnya, karena semakin lama rambut berada di fase Anagen atau pertumbuhan maka semakin panjang rambutnya. Pada fase ini juga terdapat sel-sel papila yang akan berbagi tugas yang bekerja untuk memproduksi helaian yang akan tumbuh baru dan sebagainya.

Kurang lebih sekitar 85% sampai 90% rambut yang terletak pada bagian kulit yang sedang berada di fase anagen selama beberapa waktu untuk tumbuh.

2. Istirahat (Katagen)

Bagi sebagian orang menyebut fase ini adalah fase istirahat namun ada juga mereka menyebut fase ini sebagai fase transisi.Pada fase ini terlihat bahwa folikel rambut akan memperbaharui dirinya sendiri atau mengkerut, juga yang akan memakan waktu sekitar kurang lebih 2 minggu atau 3 minggu. 

Kemudian folikel rambut ini akan mengecil karena adanya disintegrasi sehingga papila akan terlepas dan kemudian “beristirahat” yang menyebabkan terputusnya helaian rambut dari aliran darah yang menutrisinya selama pertumbuhan dan terjadi 1% pada pertumbuhan dari keseluruhan jumlah rambut yang tumbuh pada manusia. Tanda pertama berhentinya fase anagen adalah berhentinya produksi melanin pada umbi rambut dan terjadinya apoptosis pada sel folikel melanosit.

Pada akhirnya panjang folikel rambut menjadi ⅙ dari panjang aslinya dan menyebabkan batang rambut terdorong ke atas. Karena rambut pada fase ini tidak bertumbuh maka yang terjadi adalah pemanjangan serat terminal ketika folikel rambut terdorong ke atas.

3. Kerontokan (Telogen)

Selanjutnya pada Fase terakhir ini bisa disebut juga fase kerontokan bahkan ada juga mereka yang lainnya menyebut ini adalah fase istirahat yang hampir sama dengan fase katagen diatas tadi.

Dari keseluruhan banyaknya rambut yang tumbuh ada terdapat 10-15% yang dapat mengalami fase ini, juga terdapat durasi yang lama adalah sekitar 2 hingga 4 minggu. Pada fase ini, sel-sel epidermis berbaris dalam saluran folikel untuk tumbuh secara normal dan mungkin akan terakumulasi (terkumpul) di dasar rambut. Dan dalam dua minggu rambut baru akan mulai tumbuh kembali. Fase ini juga merupakan cara yang dilakukan tubuh untuk menghemat energi selama rambut lainnya bertumbuh.

Kemudian bagian rambut ini akan bertahan sementara waktu di tempatnya dan menjaga rambut-rambut agar menjalankan fungsi alamiahnya tersebut tanpa membebani bagian tubuh yang memerlukan saat fase pertumbuhan itu terjadi. Hal yang terjadi pada fase ini adalah folikel rambut yang akan terjadi sebuah pelemasan sebagai tanda akan tumbuhnya rambut-rambut baru sedangkan bagian rambut yang lama akan terlepas sendiri dari akarnya.

Di samping itu, folikel rambut mulai bertumbuh kembali yang ditandai dengan pelemasan pada titik jangkar batang rambut. Kemudian bagian ujung rambut akan terlepas dari akarnya dan rambut pada akhirnya rontok.

Dalam waktu dua minggu batang rambut yang baru akan mulai bersatu saat fase telogen berakhir. Ini adalah proses perontokan rambut yang berlangsung secara normal.

Mengenal Folikel Rambut Lebih Dalam

Hal ini sama dengan rambut bagian kumis dan jenggot memiliki bagian yang sama. Pada bagian folikel rambut lah setiap helaian akan muncul bagian ini merupakan bagian terpenting yang merupakan tahap produksi setiap helai rambut dan bagian ini juga dapat ditemui pada area tempat tumbuhnya jenggot atau rambut.

Folikel ini juga akan menentukan jenis-jenis rambut yang akan tumbuh dan teksturnya.  Di sekitar area folikel terdapat kelenjar minyak yang bertugas mengekskresikan sebum dan lokasinya terletak di bawah lapisan epidermis. Di bagian folikel ini juga tempat terjadinya siklus pertumbuhan rambut.

Menurut penelitian yang telah dilihat jumlah folikel pada tubuh manusia ada sekitar 5 juta dan 90,000-150,000 folikel rambut diantaranya adalah berada pada kulit kepala. Kemudian jika tidak ada bagian folikel rambut ini maka tidak akan ada rambut yang tumbuh.

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa perbedaan pertumbuhan rambut cenderung bersifat genetik, sama halnya pada folikel rambut yang jumlahnya berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya ada pria yang memiliki kumis dan jenggot yang tebal tetapi ada juga yang tipis.

Sehingga semakin banyak jumlah folikel yang ada pada kulit pria dan sejalan dengan keaktifannya pada rambut androgen maka kumis dan jenggot (brewok) akan semakin terlihat lebat. Dan tentunya ketebalan dari batang rambut juga akan berpengaruh terhadap kelebihannya.

 

Cara menumbuhkan Brewok secara Alami dan menggunakan Produk Maaz Grooming

1. Pastikan kamu rajin merawat wajah

Brewok adalah bagian dari wajah yang tentunya harus dirawat seperti kita merawat wajah menggunakan Skincare dan lain-lain maka dari itu sangat penting jika ingin menumbuhkan brewok untuk merawat wajah dengan bersih terlebih dahulu supaya brewok pun akan tumbuh dengan baik.

Cuci muka kamu minimal dua kali sehari dengan sabun pencuci muka, eksfoliasi bagian dagu dengan sabun yang mengandung scrub atau toner wajah, menggunakan serum atau minyak penumbuh jenggot. Berapa lama kumis tumbuh tergantung pada konsistensi dan niat lo dalam merawat wajah. Ingat, brewok bakal tumbuh sempurna di wajah yang sehat.

2. Oles Maaz Grooming Beard Oil

Nah untuk kamu yang ingin kelihatan lebih natural untuk brewok, penumbuh brewok lainnya adalah minyak atau beard oil. Kandungannya biasanya terdiri dari minyak alami yang tinggi vitamin E, sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Salah satu yang bisa dijajal adalah minyak kemiri. 

Nggak cuma berperan sebagai 'pupuk jenggot', beard oil juga bikin kulit lebih lembab dan bikin rambut yang tumbuh kelihatan berkilau dan rapi. Di sela pemakaian, jangan lupa gunakan produk dari Maaz Grooming Beard Oil Nggak semua oil bisa diserap secara menyeluruh sama kulit lo, nah sisa-sisanya bisa menyumbat pori-pori sehingga bikin jerawatan atau bahkan menghambat pertumbuhan brewok. 

3. Olahraga setiap hari

Nah, ini dia cara terakhir numbuhin brewok yang seringkali nggak diketahui cowok-cowok. Setelah usaha minum biotin, pakai minoxidil, ataupun ngolesin beard oil setiap hari, ada baiknya kalau lo juga olahraga rutin. Olahraga apa aja bebas, yang penting harus berkeringat setiap hari. Olahraga memperlancar peredaran darah, sehingga nutrisi dari suplemen atau vitamin yang lo minum akan menyebar dan bekerja lebih baik di tubuh. Efeknya? Velus atau bulu halus di area kumis, rahang, dan dagu lo akan lebih cepat tumbuh. Bisa jadi solusi juga buat orang Indonesia yang ingin menumbuhkan jenggot.

Tulis komentar