6 Cara Memilih Sampo Rambut Rontok Terbaik

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Rambut rontok kerap menjadi masalah yang banyak dialami banyak orang termasuk pria maupun wanita. Ketika mengalami masalah ini biasanya banyak orang memilih menggunakan shampo khusus untuk rambut rontok. Saat ini ada banyak sampo anti rambut rontok yang tersedia di pasaran dan mungkin kamu bingung memilih sampo yang tepat. Sebagian besar produk tersebut memiliki klaim dapat membantu mengatasi rambut rontok bahkan klaim tersebut cenderung berlebihan. Tak perlu bingung lagi karena berikut kami rangkumkan cara memilih sampo rambut rontok terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk mengatasi masalahmu.

Sampo Rambut Rontok
Pexels

Bagaimana Sampo Rambut Rontok dapat Membantu Mengontrol Kerontokan?

Tahukah kamu bahwa nyatanya sebagian besar sampo rambut rontok yang tersedia di pasaran tidak melalui uji klinis. Sampo juga tidak dapat dianggap sebagai garis pertahanan utama terhadap kerontokan rambut. Dengan kata lain sampo bukanlah produk yang benar-benar dapat membantu mengatasi masalah. Meski demikian, sampo dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan kandungan bahan aktifnya, sehingga membantu mengatasi rambut rontok hingga batas tertentu. Shampo biasanya mengandung bahan aktif dalam konsentrasi terbatas dan diencerkan sehingga efeknya tidak terlalu terasa. Efektivitas sampo juga tergantung pada frekuensi pemakaian dan waktu aplikasi. 

Bagaimana Cara Memilih Sampo Rambut Rontok Terbaik? 

Meskipun sampo bukanlah produk yang benar-benar bisa membantu mengurangi rambut rontok, kamu dapat memilih sampo terbaik untuk mencegah rontok semakin parah.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Alih-alih tertarik pada label pada kemasan yang bertuliskan ‘sampo rambut rontok’, cobalah dan lakukan riset sebelum memilihnya. Tidak setiap jenis sampo dapat membantu mengatasi rambut rontok. Jenis rambut, masalah rambut, bahan dan tingkat pH sampo semuanya harus dipertimbangkam saat kamu memikih dan memutuskan untuk menggunakan sampo yang efektif untuk masalah rambut rontokmu.

Pahami Jenis Rambut 

Pertama dan yang terpenting, ketahui jenis rambut dan kulit kepala. Ketahui bahwa kamu tidak dapat menggunakan sampo yang diformulasikan untuk kulit kepala kering pada kulit kepala berminyak begitu juga sebaliknya. Penggunaan jenis sampai yang salah dan tidak sesuai dengan jenis rambut dapat menimbulkan masalah baru seperti ketombe maupun kulit kepala kering.

Cari Tahu Penyebab Masalah Rambut 

Kamu mungkin mengalami rambut rontok karena ketombe, pewarnaan rambut, akar rambut yang lemah atau masalah terkait kulit kepala maupun stress. Penting untuk memahami penyebab rambut rontok sebelum kamu membeli sampo yang tepat. Kehilangan sekitar 100 helai rambut bisa dianggap normal namun jika kerontokan lebih dari itu, kamu perlu waspada. 

Kamu juga mesti mengetahui jenis-jenis bahan alami dan manfaatnya. Seperti shea butter yang melembabkan dan rosemary atau peppermint oil yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru. Kalau kamu sering mengalami masalah ketombe, kamu bisa memilih produk dengan kandungan zinc atau ketoconazole. Sementara jika rambutmu berminyak dan pori-pori tersumbat kamu bisa pilih sampo dengan kandungan activated charcoal.

Tips yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan

Sampo Rambut Rontok
Pexels

Selain mengetahui jenis dan masalah penyebab rambut rontok kamu juga bisa mengaplikasikan tips berikut sebelum memilih shampo.

  • Pilih shampo yang tidak banyak berbusa. Sampo yang tidak banyak berbusa adalah sampo bebas sulfat dan aman di kulit kepala. 
  • Usahakan untuk mencari sampo dengan kandungan bahan alami sebanyak mungkin atau kamu juga bisa menggunakan produk berlabel organik. 
  • Kalau kamu memiliki jenis rambut keriting, keriting atau kasar, carilah sampo yang menjinakkan atau melembutkan rambut selain mencegah rambut rontok. 
  • Gunakan sampo bening karena biasanya teksturnya lebih ringan terutama kalau kamu punya rambut yang sangat tipis. Untuk rambut kering, cari sampo dengan kandungan bahan pelembab bersama dengan bahan-bahan yang efektif mengatasi rambut rontok.

Pilih Sampo dengan pH yang Tepat

Keringat di kulit kepala dapat bercampur dengan minyak atau sebum untuk membentuk lapisan tipis yang disebut lapisan asam. PH lapisan ini sekitar 4,5 hingga 5,5. Sifat asam rambut dapat mencegah perkembangan jamur dan bakteri pada kulit kepala dan juga rambut. Selain itu, pH yang asam juga dapat menjaga kutikula rambut tetap utuh dan sehat. Sebaiknya carilah sampo yang pH-nya mendekati pH kulit kepala sehingga tidak menyebabkan kerusakan rambut atau kulit kepala.

Hindari ini saat Memilih Sampo Rambut Rontok

Untuk mengatasi kondisi rambut rontok, carilah sampo rambut rontok yang mengandung bahan aktif alami. Hindari bahan kimia seperti sulfat (myreth sulfate, sodium lauryl sulfate dan ammonium lauryl sulfate), alkohol dan turunannya, propilen glikol, paraben, ftalat. 

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah bahan umum dalam sampo yang memberikan karakteristik busa yang sangat familiar. Kita seringkali merasa jika busa dapat menyingkirkan semua kotoran dan kotoran dari kulit kepala dan rambut kita. Faktanya bahan ini tidak baik untuk rambut kita. Sulfat memang bisa menghilangkan kotoran, sayangnya, sulfat juga mengikis merampas protein dan minyak penting yang membentuk struktur rambut kita.

Selain sulfat kamu juga harus menghindari sampo dengan kandungan paraben. Paraben adalah pengawet yang membantu menjaga sampo, kondisioner, dan kosmetik kita tetap stabil dan membantu mempertahankan masa simpan produk. Masalahnya adalah paraben dapat merusak kulit kepala dan rambut sehingga penipisan rambut dan peradangan kulit kepala semakin parah.

Mengapa Rambut Saya Rontok Saat Saya Keramas? 

Rambut Rontok
Unsplash

Kehilangan beberapa helai rambut saat keramas adalah hal yang normal. Rambut yang rontok tersebut adalah rambut yang sedang dalam fase istirahat atau fase telogen. Tetapi jika kamu melihat gumpalan rambut menyumbat kamar mandi sebaiknya segera atasi atau cobalah cari bantuan medis. Hal ini disebabkan karena selain penggunaan produk yang tidak tepat, mungkin ada kondisi medis lain yang menyebabkan masalah rambut rontokmu.

Tidak hanya kondisi medis rambut rontok juga bisa disebabkan karena perubahan hormonal hingga pola makan yang tidak tepat, polusi hingga stres. Jika kamu mengalami masalah rambut rontok akibat pola hidup atau pola makan yang tidak tepat maka cobalah untuk memperbaikinya. Kurangi stress dan cobalah untuk rileks jika masalah rambut rontok terjadi akibat stres yang berlebihan.

Temukan Sampo Berbahan Alami Terbaik untuk Rambutmu

Memang saat ini banyak sampo rambut rontok yang menggunakan bahan kimia sebagai komposisi nya tetapi kamu tidak perlu khawatir. Saat ini juga banyak tersedia sampo dan kondisioner yang  menggunakan bahan-bahan alami sehingga dapat membantu melindungi struktur rambut dan meningkatkan sirkulasi nutrisi ke kulit kepala. 

Gunakan shampo dengan bahan aktif yang sesuai dengan jenis rambut. Pilih sampo yang telah melewati uji klinis dan terbukti dapat membantu mengurangi rambut rontok. Kamu juga bisa mendukung pertumbuhan rambut dengan menggunakan produk lain di samping menggunakan shampo seperti serum rambut rontok maupun conditioner. Maaz Grooming juga punya beberapa jenis produk yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut termasuk rambut jenggot dan brewok pada pria. Cek produk-produk Maaz sekarang juga dan pilih produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.