11 Cara Menumbuhkan Jambang dan Brewok yang Ampuh dan Alami

Bobby Agung
Bobby Agung

Cara menumbuhkan jambang dan brewok ada bermacam-macam. Mulai dari perawatan hingga menggunakan bahan-bahan alami, berikut ulasan lengkapnya.

Sejak dulu, pria dengan jambang dan brewok dianggap punya kharisma tersendiri. Ini memberi kesan maskulin pada pria, sehingga dinilai lebih disenangi oleh wanita.

Akan tetapi, tidak semua pria lahir dengan gen berbrewok. Ada pula yang tergolong “hairless,” sebab mengikuti karakteristik DNA dari anggota keluarga tetua.

Lantas, apakah adanya jambang dan brewok hanya ditentukan oleh gen? Tentu tidak, sebab pertumbuhan kedua rambut tersebut sejatinya bisa distimulasi.

Inilah Cara Menumbuhkan Jambang dan Brewok

Selain gen, kesuksesan cara menumbuhkan jambang dan brewok bergantung pada produksi hormone testosterone dan jumlah folikel rambut di wajah.

Kedua faktor tersebut pada dasarnya dimiliki oleh semua pria. Jika distimulasi terus-menerus, maka lambat-laun pertumbuhan rambut akan terlihat.

Berikut cara menstimulasi pertumbuhan jambang dan brewok yang bisa Brother lakukan.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Rutin Membersihkan Muka

Wajah yang bersih membuat kulit menjadi sehat. Bila kulit terawat, maka akan memperbesar kemungkinan tumbuhnya jambang dan brewok pada wajah.

Minyak, kotoran, dan sel kulit mati menghambat lubang folikel. Ini adalah tempat pertumbuhan rambut, sehingga penting untuk kita jaga kesehatannya.

2. Gunakan Alat Beard Roller

Beard roller atau dikenal juga sebagai dermaroller, adalah sebuah alat yang digunakan untuk merangsang produksi kolagen dan folikel baru pada wajah.

Alat berbentuk roda ini diselimuti oleh jarum-jarum kecil. Jarum tersebut dapat menembus kulit tanpa rasa sakit, sehingga cukup aman digunakan oleh semua pria.

3. Rutin Mencukur Brewok

Mencukur jambang dan brewok dapat membantu pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan rapi. Ini tidak perlu dilakukan terlalu sering, tetapi sebaiknya rutin.

Jika rambut tumbuh dengan cepat, maka jadwalkan pencukuran seminggu sekali. Namun jika cenderung lambat, cukup lakukan dua minggu atau sebulan sekali.

4. Aplikasikan Serum Brewok

Serum brewok diformulasikan untuk mempercepat serta memperlebat pertumbuhan rambut di wajah. Tidak cuma brewok, ini juga bisa digunakan pada kumis dan jambang.

Maaz Grooming Beard Serum misalnya, diklaim dapat mempercepat pertumbuhan rambut wajah hingga 214%, dibandingkan minyak dengan kandungan minoxydil, lho.

5. Tambahkan Minyak Brewok

Cara menumbuhkan jambang dan brewok selanjutnya adalah dengan beard oil. Ini berguna melembapkan kulit serta mempercepat pertumbuhan rambut di wajah.

Seperti Maaz Grooming Beard Oil, produk dari Maaz.id ini dapat digunakan sebagai pendukung serum, agar rambut baru yang tumbuh terlihat sehat dan segar.

6. Konsumsi Vitamin Biotin

Mengonsumsi Vitamin Biotin

Biotin termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Di antaranya vitamin tersebut, vitamin H dan vitamin B7 dikenal efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain mempercepat pertumbuhan, vitamin ini juga berkhasiat untuk mencegah kebotakan. Namun, pilihlah produk vitamin yang benar-benar aman, ya.

7. Biasakan Berolahraga

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, kebiasaan berolahraga juga membantu mempercepat pertumbuhan rambut di wajah, seperti brewok, jambang, dan kumis.

Faktanya, olahraga dapat memperlancar peredaran darah di tubuh. Ini membuat suplemen dan vitamin yang kita konsumsi terdistribusi dengan baik sampai ke wajah.

8. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa dijadikan cara menumbuhkan jambang dan brewok. Ini karena protein dan vitamin A yang terkandung pada sejumlah makanan.

Protein dan vitamin A pada putih telur, daging ayam, dan biji-bijian dapat menstimulasi rambut. Selain itu, penuhi pula zat besi dan zinc dengan memakan brokoli dan bayam.

Cara Menumbuhkan Jambang dan Brewok secara Alami

9. Pakai Mentega untuk Brewok

Jangan salah sangka dulu, ya. Mentega yang kita gunakan tidak sama dengan mentega untuk memasak. Treatment ini menggunakan produk alami berupa beard butter.

Beard butter adalah campuran dari emollient alami yang digunakan untuk mendukung pertumbuhan brewok dan jambang.

Gunakan campuran shea butter, bees xax, carrier oils, dan essential oil. Sedangkan pilihan carrier oil-nya, bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak jojoba.

10. Manfaatkan Minyak Kemiri

Cara menumbuhkan jambang dan brewok menggunakan minyak kemiri adalah, oleskan minyak tersebut pada pipi dan bagian dagu secukupnya.

Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan permukaan kulit dengan air dan sabun. Minyak kemiri digadang-gadang efektif menumbuhkan rambut karena asam aminonya.

Selain itu, jenis minyak ini juga mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan rambut secara menyeluruh.

11. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu gel yang paling umum digunakan untuk menumbuhkan rambut. Tidak cuma di kepala, gel ini juga bermanfaat untuk rambut wajah.

Cara menumbuhkan brewok dengan lidah buaya cukup mudah. Ambil bagian daging dalamnya, lalu aplikasikan pada wajah Brother.

Diamkan sampai gel mengering atau tunggu hingga 2 jam. Jika sudah bersihkan dengan air dan ulangi rutinitas ini setiap hari.

Bagaimana, cukup mudahkan cara menumbuhkan jambang dan brewok sendiri di rumah?

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.