Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Indah dan Cara Memakainya

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Brother, ada banyak sekali manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya, minyak zaitun memiliki sejumlah manfaat untuk rambut. Lantas apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Minyak zaitun atau olive oil, biasa digunakan untuk memasak, bahan bakar lampu minyak, kosmetik, sabun atau bahan alami untuk kesehatan.

Selain untuk kesehatan kulit, minyak zaitun juga populer digunakan untuk kesehatan rambut.

Kandungan lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun berkhasiat untuk memperkuat akar rambut, menghilangkan ketombe, dan lain sebagainya.

Bagi Brother yang ingin memiliki rambut sehat alami, tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami yang mudah didapat ini.

Sebelum mencobanya, yuk pahami terlebih dahulu manfaat minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakannya di bawah ini.

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Indah dan Kuat

Buah Zaitun Dan Minyak Zaitun Untuk Rambut
Image By Master1305 On Freepik

1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Pemakaian minyak zaitun untuk rambut dapat menstimulasi folikel rambut sehingga rambut tumbuh lebih cepat.

Hal tersebut dapat terjadi karena minyak zaitun kaya akan nutrisi dan vitamin E yang diperlukan folikel rambut agar terus memperbarui sel kulit mati.

Jadi, minyak zaitun cocok untuk Brother yang ingin rambut dan brewoknya tumbuh lebih cepat sehingga tak perlu menunggu lama.

2. Menjaga Kelembapan Rambut

Kelembapan rambut perlu dijaga agar rambut menjadi lembut, mudah diatur, dan menambah kilau alami.

Manfaat tersebut bisa Brother temukan dari minyak zaitun lantaran minyak zaitun mengandung anti oksidan dan vitamin A yang mengunci kelembapan pada rambut.

Selain itu, minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mengunci keratin yang terkandung di dalam akar rambut, Bro!

Masalah rambut yang kering, kaku, dan susah diatur akan terselesaikan dengan mengaplikasikan minyak zaitun untuk rambut.

3. Mengurangi Ketombe

Ketombe memang sangat mengganggu ya, Bro. Munculnya ketombe tentu karena rambut yang tidak sehat.

Banyak faktor penyebab kemunculan ketombe, salah satunya jamur. Kemunculan jamur ini disebabkan oleh kelembapan rambut yang tidak seimbang, sehingga kulit kepala menjadi kering.

Karakter minyak zaitun yang melembapkan dengan kandungan vitamin E dan asam lemak dapat menyeimbangkan kelembapan rambut, sehingga dapat menjadi solusi mengurangi ketombe pada rambut, Bro.

4. Menguatkan Akar Rambut

Mulai kesal dengan rambut rontok yang berlebihan, Bro? Bisa jadi Brother perlu memakai minyak zaitun untuk membereskan masalah rambut rontok tersebut.

Pasalnya, minyak zaitun kaya akan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa vitamin seperti vitamin K dan vitamin E adalah asupan yang baik untuk memperkuat akar rambut.

Sifatnya yang antibakterial dan antioksidan menambah khasiat minyak zaitun untuk rambut agar berakar kuat dan terbebas dari rontok berlebihan.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut
Image By Azerbaijan_Stockers On Freepik

Pengaplikasian minyak zaitun untuk rambut mudah saja, Bro.

Namun, terlebih dahulu Brother harus memastikan bahwa rambut Brother termasuk pada jenis rambut yang kering, kasar, dan kurang memiliki kelembapan, ya.

Bagi Brother yang ingin mencobanya bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya, jangan terlalu banyak ya, Bro. Jika kebanyakan akan membuat rambut lepek dan kelebihan minyak.
  2. Usapkan minyak zaitun pada bagian rambut atau kulit kepala yang kering. Jika yang bermasalah adalah rambut bercabang, maka cukup aplikasikan pada bagian ujung rambutnya saja.
  3. Setelah itu, tutup dengan shower cap atau balut rambut dengan handuk. Diamkan selama 15-20 menit agar minyak zaitun meresap ke bagian rambut yang bermasalah.
  4. Bilas rambut menggunakan air hangat-hangat kuku. Jika terlalu panas justru akan menghilangkan khasiat dari minyak zaitun sekaligus tidak baik untuk kesehatan rambut.
  5. Terakhir, tutup langkah ini dengan keramas menggunakan sampo. Bersihkan hingga minyak zaitun tidak tersisa pada rambut.

***

Begitulah, Bro sejumlah manfaat minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakannya. Sebenarnya banyak bahan-bahan alami untuk rambut lainnya yang juga memiliki ragam khasiat istimewa.

Minyak zaitun yang termasuk minyak esensial ini tidak hanya memiliki manfaat untuk rambut kepala saja Bro. Bisa juga untuk rambut wajah seperti brewok, kumis, atau jenggot.

Bagaimana, berminat untuk mencobanya, Bro?

Selain menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial alami lainnya, Brother juga bisa pakai produk perawatan dari Maaz Grooming di Shopee dan Tokopedia!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.