Mengenal Bentuk, Bagian, serta Fungsi Akar Rambut untuk Pertumbuhan Rambut Sehat

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Apakah Brother sudah tahu seperti apa bentuk, bagian, serta fungsi akar rambut yang sebenarnya? Jika belum tahu, yuk simak ulasan selengkapnya di artikel ini!

Berbicara soal akar rambut, tidak hanya berlaku untuk rambut kepala saja ya, Bro. Tetapi juga rambut pada seluruh bagian tubuh kita.

Oleh karena itu, mari Bro kita mengulas mengenai folikel rambut yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut Brother.

Yuk, kita kenalan apa sih sebenarnya akar rambut itu.

Akar Rambut Adalah..

Akar Rambut
Image By Freepik

Akar rambut adalah bagian akar dari helai rambut yang terletak di bagian dalam lapisan dermis kulit. Di bagian inilah setiap helai rambut itu mulai tumbuh.

Sejak manusia masih berbentuk janin dalam kandungan, akar rambut ini mulai terbentuk. Manusia dilahirkan dengan satu juta folikel rambut di kepalanya.

Folikel ini dikelilingi oleh pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada rambut. Semakin baik asupan nutrisinya, semakin baik pula pertumbuhan rambutnya.

Jumlah tersebut belum termasuk brewok, kumis, jenggot dan rambut pada bagian tubuh lainnya, Bro. Jumlah folikel pada seluruh tubuh manusia berjumlah lima juta!

Bentuk Akar Rambut

Folikel rambut berbentuk tabung panjang yang berisikan helaian rambut di dalamnya. Semacam silinder dengan bagian bawah yang berbentuk bulat.

Bagian atas silinder tersebut terbuka. Nah, di bagian terbuka inilah helaian rambut itu tumbuh dan muncul dari dalam kulit.

Jika diibaratkan, folikel rambut itu seperti kaus kaki. Sedangkan helaian rambut bagaikan kaki yang berada di dalam kaus kaki tersebut.

Bagaimana, Bro? Kebayang ‘kan?

Bagian Akar Rambut

Akar rambut terbagi menjadi dua bagian, Bro.

Pertama adalah bagian yang disebut umbi rambut. Umbi rambut ini terletak pada bagian luar. Ketika kita mencabut rambut, maka umbi rambut akan tercabut juga, Bro.

Bagian kedua adalah bagian yang disebut papil rambut. Papil rambut ini ada di bagian dalam kulit, Bro.

Nah, berbeda dengan bagian umbi rambut yang akan ikut tercabut jika rambut dicabut, tidak sama halnya dengan bagian papil rambut tersebut.

Ketika rambut dicabut, bagian papil rambut tidak akan ikut tercabut dan akan tetap tertinggal di dalam kulit. Papil rambut akan terus ada dan hidup untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Fungsi Akar Rambut

Selain fungsi utama folikel rambut untuk menumbuhkan rambut, ada beberapa fungsi lain dari folikel rambut, yaitu:

  • Menopang rambut agar tetap melekat di kulit
  • Membantu dan mempercepat pemulihan kulit ketika terluka
  • Membentuk pembuluh darah baru
  • Membentuk sel-sel sistem saraf baru
  • Mengalirkan asupan nutrisi dari kulit kepala ke ujung rambut yang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut

Siklus Pertumbuhan Rambut Dari Akarnya

Lalu, bagaimana rambut itu tumbuh dari akarnya? Ternyata Bro, pertumbuhan rambut itu dibagi menjadi tiga fase yang berkelanjutan alias memiliki siklusnya sendiri.

Siklus ini terbagi menjadi tiga fase, yaitu Anagen (pertumbuhan), Katagen (pertumbuhan terhenti), dan fase terakhir yaitu Telogen (fase istiarahat).

Anagen (Fase Pertumbuhan)

Fase pertama ini membutuhkan waktu dua hingga tujuh tahun. Rambut mulai tumbuh dari bagian papil akar rambut.

Akar rambut bagian papil mulai menyuplai darah dan nutrisi yang diperlukan rambut untuk tumbuh. Pada umumnya, rambut akan tubuh satu sentimeter per bulan.

Katagen (Fase Henti Tumbuh)

Fase ini disebut fase henti tumbuh karena selama fase ini rambut menjeda suplai darah dari akar rambut.

Fase kedua ini terjadi selama dua minggu, ketika jeda transisi rambut dari fase pertumbuhan ke fase istirahat.

Telogen (Fase Istirahat)

Fase terakhir atau fase istirahat terjadi ketika rambut terlepas dari akarnya, alias rontok. Fase ini memakan waktu hingga empat bulan, sebelum kembali ke fase pertumbuhan.

Penyebab Akar Rambut Tidak Kuat

Penyebab Akar Rambut Tidak Kuat
Image By Wayhomestudio On Freepik

Ada beberapa penyebab kenapa folikel rambut tidak kuat yang menyebabkan rambut rontok secara berlebihan. Tentunya hal ini cukup mengganggu juga ya, Bro.

Penyebab folikel rambut tidak kuat dibagi menjadi dua penyebab, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor Internal

  • Stres
  • Riwayat keluarga atau genetik
  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Perubahan hormon
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Usia
  • Kondisi kesehatan

Faktor Eksternal

  • Paparan sinar UV dan radikal bebas
  • Faktor lingkungan yang tidak sehat, seperti polusi udara dan air
  • Terkena aliran listrik dan bahan kimia berbahaya

Cara Memperkuat Akar Rambut

Terdapat beberapa cara untuk menguatkan folikel rambut kita, Bro. Nah, cara-cara berikut ini juga bisa dengan mudah kita praktikkan dalam keseharian kita, lho.

  • Meminum air putih delapan gelas sehari. Cukupilah cairan pada tubuh, karena kekurangan cairan akan menyebabkan kulit kering, bahkan dehidrasi. Sehingga akar rambut menjadi rapuh.
  • Banyak mengonsumsi asupan kaya nutrisi, vitamin dan protein. Pastikan tubuh cukup akan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan karena kandungannya bermanfaat untuk memperkuat akar rambut.
  • Hindari stres. Saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon kartisol yang akan melemahkan daya tahan tubuh, termasuk daya tahan kekuatan akar rambut.
  • Gunakan air dingin saat mencuci rambut. Hindari mencuci rambut dengan air panas karena akan membuat folikel rambut kehilangan kelembapannya, sehingga rambut akan kering dan rontok.
  • Waktu istirahat yang cukup. Sebisa mungkin atur waktu tidur dengan baik. Kurang tidur akan membuat akar rambut menjadi rapuh. Sebaliknya waktu tidur yang tercukupi akan membuat folikel rambut kuat dan menumbuhkan rambut yang sehat.

***

Itulah beberapa hal terkait bentuk, bagian, dan fungsi akar rambut yang penting diketahui.

Selain cara-cara yang sempat diulas di atas, Brother bisa pakai juga produk perawatan dengan kandungan alami dari Maaz Grooming ya, Bro!

Ingat Bro, dengan akar rambut yang kuat akan tercipta rambut yang sehat!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.