Kitab Pamungkas Panduan Menumbuhkan dan Merawat Brewok

 

pria arab bergaya dengan jenggot brewok

 

Baik dimanapun Bro berada baik masih di awal perjalanan menumbuhkan brewok idaman atau telah tumbuh kembang bersama janggut andalan, panduan ini ditujukan sebagai kitab pamungkas membantu Bro benar-benar memahami apa yang diperlukan untuk tumbuhkan brewok yang sehat, lebat dan menawan.

Tidak perlu lagi mencari kemana-mana, atau terjebak mitos dan asumsi yang menyesatkan. Maaz telah menyusun panduan ini agar sains pertumbuhan dan seni perawatan brewok mudah dipelajari dan dikuasai oleh Bro. Duduk santai untuk 15 menit ke depan ya.

Manfaat brewok untuk dirimu

Mari mulai dengan tujuan yang tepat. Tumbuhkan brewok untuk buat Bro merasa lebih baik tentang diri sendiri. Karena bulu rambut brewok yang Bro miliki tak sekedar berikan kesan psikologis baru bagi orang lain, namun juga manfaat kesehatan dan perilaku positif.

  1. Tampil lebih dewasa

    Sebagaimana tumbuhnya bulu rambut di wajah adalah tanda pendewasaan fisik, memiliki brewok juga berikan kesan kamu pribadi dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab. Dewasa tidak sekedar persepsi usia, namun kamu juga Ini juga memunculkan citra bahwa kamu bijaksana, matang dan dalam berpikir. Brewok juga datang dengan sedikit aura misterius — bukan kecenderungan anti sosial, menurut kami ini malah bagus buat kenalan baru Bro cukup penasaran mengenal pribadi Bro.

  2. Miliki aura maskulin dan dominan

    Terlihat lebih maskulin atau "laki", ini benar sekali dan dibuktikan sebuah studi dengan partisipan yang besar pada tahun 2013. Dalam studi ini, baik pria dan wanita diminta untuk menilai mana yang lebih laki di antara foto-foto seorang pria dalam berbagai fase pertumbuhan brewok. Hasilnya, semakin lebat brewok yang ditunjukkan pada foto, semakin maskulin penilaian yang diperoleh.

  3. Atraktif di mata perempuan

    Dari berbagai hasil studi, pria dengan brewok akan terlihat jauh lebih macho, dan sexy di mata mereka. Bagi kamu yang berharap brewok bantu pertemukanmu dengan ia yang tak sekedar jadi pacar namun pasangan hidup, salah satu menunjukkan bahwa banyak wanita ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan pria berjanggut. Eits, tentu saja hukum-hukum sederhana tetap berlaku: semua ingin pasangan yang sehat dan terawat — jadi bukan brewok asal lebat dan dibiarkan tumbuh begitu saja ya.

  4. Bangun kebiasaan hidup lebih teratur

    Percayalah, merawat brewok memerlukan komitmen yang besar dari Bro sendiri. Bahkan biarpun Bro memiliki gen keluarga yang berbulu lebat, tidak ada gunanya jika tidak terawat. Melakukan perawatan brewok akan buat Bro menginvestasikan waktu untuk gunakan produk perawatan, rutin memotong dan merapikan, serta menanamkan pola pikir hidup sehat menghindari makanan yang tidak baik bagi pertumbuhan rambut brewok. Semua kebiasaan tersebut, akan bangun disiplin yang baik dalam diri Bro.

  5. Semakin percaya diri

    Berdasarkan sebuah riset, seni dan proses menumbuhkan brewok sendiri telah membantu lelaki tampil lebih percaya diri, dan lebih hati-hati dalam berperilaku. Salah satu studi lain melakukan pengamatan pada seorang pria yang diberikan brewok palsu untuk dikenakan dalam beberapa waktu. Dari hasil yang diamati, menunjukkan perubahan perilaku positif drastis dari pria tersebut yang menyesuaikan persepsi dirinya yang kini telah memiliki brewok.

  6. Melindungi kulit dari polusi udara dan radiasi sinar UV

    Bulu rambut adalah medium yang baik memantulkan sinar matahari. Biarpun cahaya masih bisa masuk dari sela-sela helai rambut, ini sudah berikanmu perlindungan paparan yang jauh lebih baik, terlebih semakin lebat brewok yang kamu miliki. Selain itu buat kamu yang sering beraktifitas diluar, ini juga bantu kulit wajahmu tak berinteraksi langsung dengan debu dan kotoran di udara. Perlu diketahui kulit wajahmu di bawah lindungan rambut masih berpotensi alami masalah seperti jerawatan — maka dari itu tetap perlu ada perawatan yang kamu lakukan untuk pastikan kelembaban kulit nanti.

  7. Menghangatkan tubuh di cuaca dingin

    Bulu wajah yang lebat akan bantu kamu jadi merasa lebih hangat di cuaca dingin seperti musim hujan, atau ketika mendaki dan tinggal di daerah pegunungan. Ini kebalikan dari bila kamu mencukur rambut kepala sangat pendek atau mendekati tipis, kepala akan sering terasa lebih segar karena rasakan tiupan angin langsung.

Cara-cara menumbuhkan brewok

Ini adalah bagian yang paling membingungkan buat Bro yang baru mulai menumbuhkan brewok, sekaligus yang buat kita-kita tidak sabaran. Sebagian kaum lelaki diberkati dengan gen pertumbuhan bulu wajah yang lebat tanpa perlu mengeluarkan usaha sama sekali. Beberapa lainnya terbatas pada bulu wajah yang hanya tumbuh di beberapa bagian seperti kumis dan dagu, atau lebih parah yang tumbuhnya lambat dan tidak teratur.

Pertumbuhan brewok secara alami dipengaruhi faktor hormon, dan kebiasaan hidup. Namun Bro bisa percepat proses ini dengan mengkonsumsi dan memakai produk perawatan yang aman bagi tubuh.

Metode pertama — menggunakan serum dan merawat wajah

Gunakan serum yang akan menstimulasi folikel rambut yang tertidur di lapisan bawah kulit. Idealnya Bro perlu oleskan 2-3 tetes di area wajah yang diinginkan setiap hari, umumnya di waktu pagi. Untuk hasil maksimal, dapat dipakai bersamaan dengan dermaroller khusus brewok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan penyerapan serum lewat jalur-jalur mikroskopis di kulit yang roller ciptakan.

Jika Bro sudah memiliki cikal bakal brewok, gunakan beard oil atau minyak brewok yang berikan berbagai manfaat seperti memperpanjang fase pertumbuhan, mencegah kerontokan, dan melembabkan kulit.

Jangan lupa gunakan pembersih wajah yang mempercepat proses eksfoliasi kulit Bro jadi 2-3 kali setiap minggu. Secara alami, proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit berlangsung setiap 30 hari sekali. Meremajakan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati akan memicu pertumbuhan rambut baru.

Metode kedua — konsumsi vitamin dan suplemen

Perbanyak konsumsi vitamin B dalam menu makanan Bro. Salah satu vitamin yang sedang trending digunakan dalam bahan dasar perlengkapan perawatan brewok adalah Biotin atau vitamin B7. Ini terbukti penting membantu pembentukan keratin — protein utama yang ditemukan dalam rambut, kulit dan kuku. Selain itu vitamin B1, B6 dan B12 juga secara khusus membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat.

Vitamin lain yang baik untuk dikonsumsi adalah vitamin D. Ia mengaktifkan kembali reseptor di dalam folikel yang telah lama tidak tumbuh rambut. Sumber vitamin D dapat Bro peroleh dari ikan, telur, dan susu dari tumbuhan.

Metode ketiga — biarkan tumbuh alami dengan gaya hidup sehat

Konsep utamanya adalah menerapkan gaya hidup sehat yang memicu produksi testosterone. Kadar hormon testosterone yang rendah terbukti selaras menyebabkan pertumbuhan rambut yang lambat.

Beberapa aktivitas yang membantu pertumbuhan hormon testosterone adalah:

  • Olahraga

    Terutama latihan kekuatan. Secara umum olahraga juga meningkatkan aliran darah yang membantu menstimulasi pertumbuhan folikel rambut.

  • Diet

    Obesitas dapat menurunkan kadar testosterone. Tetap ingat, lakukan diet yang sehat dan pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi.

  • Tidur

    Hormon testosterone umumnya dihasilkan sistem tubuhmu ketika tidur. Kekurangan tidur maka akan menyebabkan kondisi kadar yang rendah. Lagipula, tidur baik untuk keseluruhan kesehatanmu.

Metode mitos untuk dihindari — bercukur lebih sering

Bercukur semakin sering tak membantu menstimulasi faktor apapun dalam pertumbuhan brewokmu. Sebaliknya, terlalu sering bercukur kamu malah tak akan mendapatkan level ketebalan brewok yang kamu inginkan. Biarpun begitu, bercukur tetap penting ya Bro untuk menjaga bentuk brewok tetap terawat dan rapi.

Metode dengan efek samping untuk dihindari — penggunaan Minoxidil

Minoxidil tergolong sebagai jenis obat yang harus memiliki resep anjuran dokter sebelum dapat digunakan. Sayangnya di Indonesia, ini cukup mudah didapatkan dan dijual di berbagai platform online.

Sebuah studi tahun 2016 yang dimuat di Journal of Dermatology, kinerja Minoxidil hanya 3% lebih baik bagi pertumbuhan brewok dibanding yang tidak menggunakan Minoxidil sama sekali.

Minoxidil memiliki efek samping, meskipun jarang yang bersifat fatal, Bro tetap harus berhati-hati ya, antara lain:

  • Iritasi pada kulit
  • Rambut tumbuh di area yang tidak kamu duga
  • Warna atau bentu bulu baru

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, Minoxidil dapat memiliki efek yang lebih parah akibat interaksinya dengan pembuluh darah Bro. Efek seperti ini lebih cenderung terjadi jika Bro menggunakannya untuk jangka panjang. Efek samping yang fatal yaitu:

  • Penurunan berat badan yang abnormal
  • Sering merasa pusing
  • Bengkak di kaki atau tangan
  • Nyeri di dada
  • Hasrat seksual menurun

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan brewok

Pertumbuhan bulu jenggot di wajah Bro dipengaruhi beberapa faktor.

  • Kecepatan regenerasi folikel memasuki fase Anagen kembali

    Siklus hidup folikel rambut terdiri dari beberapa fase mulai dari tumbuh hingga terputus dari dermal papilla. Semakin cepat fase tersebut berulang, maka semakin cepat pula pertumbuhan rambut brewok Bro. Faktor ini bisa dipengaruhi lewat penggunaan serum yang memiliki bahan utama selaku aktivator sel induk seperti Redensyl yang digunakan oleh serum brewok Maaz Grooming.

  • Hormon Testosterone

    Kadar testosterone yang tinggi memungkinkan pertumbuhan brewok yang lebih baik. Kamu bisa meningkatkan kadar testosterone lewat ketiga metode yang telah kita bahas di atas.


    Meski demikian, kamu harus menghindari DHT Dihydrotestosterone yang berlebihan. DHT sendiri adalah hormon turunan testosterone, dimana sekitar 10% hormon akan dikonversi menjadi DHT tiap harinya. Pada usia dewasa produktif, rasio konversi ini jadi lebih besar dibanding saat remaja pra puber.

    DHT memiliki efek yang aneh dan berlawanan bagi pertumbuhan rambut kepala vs bulu di wajah. Sering melihat pria dengan brewok yang sangat lebat nan garang namun berkepala botak? DHT adalah faktor penyebab utamanya. DHT yang tinggi cenderung sebabkan gejala kebotakan akibat DHT terhubung ke berbagai reseptor di tubuh, salah satunya pada folikel yang membuatnya jadi menyusut saat DHT berlebih. Ini diperparah apabila secara genetik kamu memiliki gejala kebotakan dini.

    Banyak produk perawatan brewok mengandung bahan alami yang membantu memblokir DHT, seperti aloe vera, minyak kelapa, minyak zaitun dan berbagai jenis minyak lainnya.

  • Usia

    Umur Bro akan menentukan kecepatan pertumbuhan brewok Bro. Sebagai contoh produksi DHT yang dibahas pada poin di atas, mengkonversi rasio testosteron lebih besar di usia dewasa produktif. Bro umumnya alami pertumbuhan bulu wajah pertama saat memasuki usia pubertas di umur 13 tahun. Puncak pertumbuhan paling cepat terjadi saat umur Bro 25 s/d 35 tahun dan cenderung melambat setelahnya.

  • Genetik

    Tidak bisa dipungkiri, karakteristik fisik seperti pertumbuhan bulu wajah berkaitan erat dengan faktor genetik. Jika keluarga Bro, ayah, paman, kakek, abang memiliki brewok, maka Bro pun juga akan punya. Faktor genetik ini mempengaruhi bentuk kekasaran helai, warna rambut, hingga panjang normal brewok Bro.

  • Kebiasaan tidak sehat seperti merokok

    Kita telah membahas kebiasaan baik lain untuk diikuti pada metode ketiga cara menumbuh brewok. Sedangkan merokok perlu Bro hindari, sebab zat kimia pada tembakau rokok dapat sebabkan peradangan dan kerusakan DNA pada pembuluh darah yang justru menyehatkan bagi folikel rambut Bro.

Berapa lama proses pertumbuhan brewok

Bulu di wajah seperti janggut tumbuh dalam beberapa tahap. Menumbuhkan brewok yang penuh membutuhkan waktu 2 sampai dengan 4 bulan. Dimana bulu-bulu di wajah Bro akan tumbuh sekitar 0.3 s/d 0.5 milimeter setiap hari.

Yuk pahami dulu siklus biologis pertumbuhan rambut secara umum.

Fase siklus pertumbuhan rambut

Fase Anagen

Pada fase ini, brewok Bro tumbuh sekitar 1.5 cm setiap bulan. Anagen berlangsung selama beberapa hingga 4 tahun. Namun berbeda dengan rambut kepala, bulu wajah melewati fase ini jauh lebih cepat. Itu sebabnya akan sangat jarang ditemukan bulu brewok yang tumbuh sangat panjang hingga menyentuh lantai.

Fase Katagen

Ini adalah masa transisi yang singkat. Folikel rambut akan mengkerut, sebabkan helai rambut terlepas dan melekat pada kulit. Karena sudah terlepas dari folikel, akar rambut juga berhenti menerima pasokan darah.

Fase Telogen

Helai rambut akan tetap utuh selama beberapa bulan sementara folikelmu akan tertidur hingga mulai memasuki fase anagen lagi dan mempersiapkan helai rambut baru. Ketika helai rambut baru tumbuh, ia akan mendorong rambut lama keluar dari kulit yang menyebabkan apa yang kita ketahui sebagai kerontokan.

Dimulainya siklus baru akan mudah diamati ketika memperhatikan bentuk helai rambut yang muncul dibandingkan pada siklus sebelumnya.

Nah, terkait fase pertumbuhan brewok Bro sendiri dari tipis menjadi lebat, dapat dipahami dalam 5 tahapan.

  1. Tahap pertama

    Umumnya berlangsung selama sepekan. Di akhir minggu Bro dapat melihat titik-titik halus, yang sekaligus memberi gambaran seberapa cepat brewok Bro akan tumbuh nanti menuju lebat

  2. Tahap kedua

    Periode ini berjalan hingga dua minggu berikutnya. Ditandai dengan munculnya brewok di titik-titik baru. Disini pula Bro bisa memperkirakan apakah kelebatan brewok Bro akan tumbuh tidak beraturan di beberapa bagian untuk sementara waktu atau tidak.


  3. Tahap ketiga

    Tahap ketiga berlangsung dua minggu juga. Jika seluruh faktor pertumbuhan brewok mendukungmu secara signifikan, kamu dapat memiliki brewok yang terlihat jelas di momen ini. Sebaliknya, jika tak muncul tanda-tanda pertumbuhan yang cepat, kamu butuh dorongan tambahan lewat penggunaan produk pertumbuhan brewok agar bisa mendapat brewok yang lebat nanti.


  4. Tahap keempat
    Memasuki bulan kedua pertumbuhan brewok, ini saatnya bercukur untuk merapikan atau mulai membentuk brewok sesuai model gaya yang Bro dambakan.

  5. Tahap kelima
    Setelah bulan kedua, pertumbuhan brewok Bro akan jadi lebih lambat. Sekarang waktunya menikmati jerih payah Bro — namun jangan lupa untuk tetap disiplin lakukan perawatan agar tetap sehat, tampil rapi, dan semakin lebat.

Perawatan brewok untuk memantik pertumbuhan rambut

Terdapat beragam jenis produk perawatan brewok dengan fungsi dan manfaat masing-masing bagi pertumbuhan brewok. Bagi Bro yang baru mau mulai menumbuhkan brewok, jangan sampai malah menggunakan produk yang justru diperuntukkan untuk melebatkan brewok, ya. Lini produk utama yang penting dalam memantik pertumbuhan bulu rambut janggut adalah serum brewok (beard serum).

Cara Kerja dari Serum Brewok (Beard Serum)

Apakah Bro mengalami kesulitan menumbuhkan bulu wajah, atau alami pula masalah rambut seperti kebotakan? Masalah-masalah tersebut disebabkan lambatnya regenerasi memasuki fase pertumbuhan folikel (Anagen), yang diperparah dengan fase kerontokan rambut yang berlarut-larut semakin lama (Telogen).

Untuk mengatasinya Bro bisa menggunakan serum brewok, karena ia berfungsi sebagai aktivator bagi sel-sel folikel rambut Bro. Bermanfaat mempercepat proses regenerasi memasuki fase pertumbuhan (Anagen), dan berperan aktif mengurangi dampak dari fase kerontokan (Telogen).

Redensyl sebagai Bahan Aktif dari Serum Brewok (Beard Serum)

Khasiat dari sebuah serum sangat bergantung dari kandungan bahan aktif (active ingredient) apa yang dimiliki. Ini adalah faktor kunci yang menentukan seberapa signifikan pertumbuhan bulu jenggot yang akan Bro rasakan nanti. Terdapat beberapa bahan aktif yang mampu menjalankan peran selaku aktivator regenerasi folikel, selain dampak terhadap pertumbuhan rambut, perlu diperhatikan pula nanti apakah serum malah juga datang dengan dampak negatif yang mengganggu.

Kami menggunakan Redensyl® sebagai bahan aktif produk serum Maaz Grooming. Kami memilih Redensyl® karena ingin memberikan produk yang memang sudah teruji secara ilmiah mampu memberikan perubahan bermakna bagi perjalanan Bro menumbuhkan brewok. Redensyl adalah terobosan baru dalam dunia bioteknologi yang didasari pada penelitian pengobatan regeneratif yang telah terbukti efektif.

Bagaimana cara kerja Redensyl versus Minoxidil

Kandungan sinergi 4 molekul dalam Redensyl menargetkan sel induk folikel (bulge stem cells, ORSc) dan dermal papilla (fiBroblas) untuk hasil yang lebih baik.

  1. Molekul DHQG (Dihydroquercetin-Glucoside)

    Berasal dari pohon Lark. DHQG berperan penting mengaktivasi sel induk folikel, dan menstimulasi metabolisme dari dermal papilla.

  2. Molekul EGCG2 (Epigallocatechin-gallate-Glucoside)

    Berasal dari daun teh hijau. EGCG2 berfungsi mencegah iritasi (inflammatory), efek samping yang mengganggu yang umumnya diberikan aktivator jenis lain seperti Minoxidil.

  3. Molekul Zinc

    Pendukung penting untuk berbagai enzim, terutama penyerapan sistin dalam keratin untuk batang rambut yang lebih kuat.

  4. Molekul Glycine

    Komponen penyusun utama dalam protein rambut, berperan mendukung pertumbuhan bulu wajah.
Perbandingan pertumbuhan brewok sebelum dan sesudah

Hasil uji pada para pria dari berbagai kalangan dengan masalah rambut kepala, menunjukkan kemajuan yang signifikan setelah penggunaan selama 3 bulan, 1 tetes Redensyl kandungan 3% setiap hari. Hasilnya antara lain:

  • Rata-rata peningkatan +10.200 folikel rambut
  • 9% meningkatkan laju pertumbuhan rambut baru
  • 17% mengurangi dampak laju kerontokan
  • 29% peningkatan rasio Anagen/Telogen
  • 8% rata-rata peningkatan kerapatan rambut
  • 2x lipat lebih efektif daripada Minoxidil, dan tanpa efek samping iritasi
  • 85% peserta uji klinis menunjukkan peningkatan signifikan ini

Dampak positif dari Redensyl bukan sekedar angka-angka statistik, namun juga jelas terlihat dalam pengamatan pada para peserta relawan uji.

  • Peningkatan kerapatan terlihat jelas
  • Berkurangnya area pusaran kepala yang alami kebotakan (pada kulit kepala)
  • Berkurangnya area kebotakan (pada kulit kepala)

Selain itu, produk serum juga kerap dipadukan dengan kandungan lain untuk memaksimalkan efek pertumbuhan rambut dan sekaligus melawan dampak negatif. Produk serum Maaz Grooming memiliki kandungan antara lain

  • Aloe Vera

    Membebaskan pertumbuhan folikel, menenangkan dan melembabkan area kulit wajah yang akan ditumbuhi bulu janggut.

  • Minyak Kemiri

    Meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. Sekaligus melembabkan kulit wajah.

  • Kafein

    Mencegah kerontokan rambut, meningkatkan sirkulasi darah untuk memastikan kesehatan folikel

  • Pantenol

    Berperan melembutkan bulu wajah yang tumbuh

Cara Pakai Serum Brewok

  1. Teteskan serum di area wajah yang ingin ditumbuhi bulu jenggot secara rutin setiap hari.
  2. Taruh 2-3 tetes di wajah, idealnya di pagi hari setelah membersihkan muka.
  3. Tidak perlu mengusap atau membasuh wajah kembali setelahnya, karena serum brewok dari Maaz tidak lengket dan berbekas
  4. Diamkan selama 5 menit, agar serum menyerap sempurna di area wajah.
  5. Bisa dilanjutkan dengan memakai beard oil dan merapikan brewok setelah itu

Memahami area pertumbuhan brewok

Mayoritas lelaki dewasa akan menumbuhkan bulu wajah (facial hair) secara alami berkat peningkatan hormon DHT seiring memasuki usia matang. Namun tidak semua menikmati pertumbuhan bulu wajah yang sempurna (full beard), menyelimuti area sekeliling wajah secara menyeluruh. Bro bisa menumbuhkan bulu wajah di area-area ini untuk dapatkan brewok yang penuh.

Area Pertumbuhan Jenggot brewok

     

    1. Kumis (Mustache)

      Bulu wajah ini umumnya tumbuh hanya di antara bibir atas dan bawah hidung. Ketika kumis cukup lebat, ujung-ujung kumis (Bhs Arab: Sibal) akan terhubung mengitari kedua sisi bibir hingga bertemu janggut dan comek. Beberapa orang cenderung menumbuhkan kumis terlalu lebat hingga menutupi mulut.

      Kumis adalah salah satu bagian krusial dalam penampilan berbrewok. Sekaligus juga yang paling mudah tumbuh, sebagaimana juga menjadi bulu-bulu halus bagi perempuan. Ketika mulai memutuskan menumbuhkan brewok secara penuh, pastikan kumis Bro tampil sempurna dulu ya.

    2. Comek (Mouche, Soul Patch)

      Bulu wajah ini tumbuh di antara bibir bawah dan atas dagu. Kebanyakan bagi yang tidak lebat, hanya tumbuh sepetak kecil di bawah lipatan bibir. Ketika cukup panjang, maka akan menghubungkan kumis dan janggut.

    3. Janggut

      Janggut adalah bulu wajah yang tumbuh di bawah dagu Bro. Untuk janggut yang terlihat penuh, pastikan tidak hanya tumbuh memanjang, namun juga memadati dagu Bro. Jenggot yang tumbuh penuh akan jadi kombinasi maksimal dengan bulu leher.

    4. Bulu leher (Neck Beard)

      Berbeda dengan janggut yang mayoritas tumbuh di dagu, bulu-bulu wajah ini berpotensi memenuhi seluruh leher bagian depan Bro hingga turun ke bawah sebelum tulang selangka di dada. Semakin luas sebaran bulu leher, akan beri kesan semakin garang.

    5. Jambang / Cambang (Sideburns)

      Bulu rambut ini adalah terusan rambut kepala yang tumbuh menjalar ke bawah di samping telinga. Ketika ingin menumbuhkan brewok penuh, baiknya Bro tidak rutin membentuk habis ujung jambang brewok yang umum dilakukan di barbershop (cukur dan pangkas rambut), cukup rapikan pendek saja.

    6. Brewok

      Ini adalah bulu wajah yang paling krusial dalam membentuk brewok yang penuh, karena ia berperan menghubungkan kumis, jenggot, bulu leher, dan jambang menjadi satu kesatuan. Brewok adalah bulu wajah yang tumbuh mengitari rahang Bro dari belakang hingga mendekati bibir.

    7. Bulu pipi (Furry Cheek)

      Bulu wajah ini tumbuh di bagian atas brewok. Meskipun dengan ke-enam bagian lain sudah tumbuh maka bisa dikatakan telah mencapai brewok penuh, dengan adanya furry cheek ini akan memberikan kelebatan ekstra bagi Bro-Bro yang menginginkan.

    Perawatan brewok untuk menjaga tetap sehat dan lebat

    Merawat brewok untuk terus tumbuh sehat dan lebat bukanlah pekerjaan yang bisa disepelekan, berikut rangkaian produk yang Bro perlukan untuk memudahkan perawatan si jagoan kita.

    Menjaga kelembaban jenggot dengan minyak brewok (beard oil)

    Minyak brewok adalah produk paling penting, berguna dan akan sering pakai dalam rutinitas sehari-hari pria brewok. Minyak brewok berperan menjaga kulit wajah di bawah brewok yang sulit diraih tetap lembab agar terhindar dari kulit yang kering dan bersisik. Bro tentu tidak ingin tampil dengan brewok yang keren namun sambil menahan derita dari rasa gatal.

    Tidak hanya menyehatkan kulit wajah, penetrasi kandungan minyak brewok yang diserap wajah juga akan membantu melembutkan rambut agar tidak kaku dan mudah diatur. Selain itu, beberapa kandungan minyak juga akan memberikan efek mengkilap dan segar bagi bulu brewok. Tentu pula disertai beragam aroma khas yang bisa Bro pilih sesuai selera.

    Minyak brewok umumnya terdiri dari tiga komponen campuran utama:

    1. Minyak carrier

      Minyak carrier adalah pondasi utama dalam ramuan minyak brewok. Komponen ini yang umumnya memberikan manfaat sebagai anti iritasi, pencegah ketombe dan pelembab kulit wajah di bawah rambut brewok.

      Beard Oil dari Maaz Grooming terdiri dari kandungan minyak Jojoba. Ini adalah carrier terbaik dalam minyak brewok karena ringan dan anti-komedogenik sehingga tidak menyebabkan brewok kamu terlihat berminyak setelah pemakaian. Selain itu, ia juga menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan serat-serat jenggot.

      Campuran minyak lain dalam produk beard oil dari Maaz adalah minyak kelapa. Minyak kelapa efektif untuk melembabkan lapisan kulit dalam, dengan berat molekul yang rendah membuatnya mampu menembus serat rambut dan menutrisi dari dalam.

    2. Minyak esensial

      Minyak esensial sering digunakan dalam campuran sebagai pengharum atau wewangian. Dikarenakan sifat minyak esensial yang mudah menguap, maka sering dicampurkan dengan carrier lewat pengenceran.

      Minyak brewok dari Maaz mengandung minyak peppermint yang memiliki aroma mint segar yang kuat dan tahan lama dibanding esensial lainnya. Menurut beberapa studi, peppermint juga berikan manfaat kesehatan bagi brewok Bro seperti mencegah ketombe, dan membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut.

      Secara aroma, minyak esensial umumnya bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:

    • Tingkat atas (aroma ringan dan cepat menguap, berikan nuansa segar yang membangkitkan semangat).
    • Tingkat tengah (aroma punya ciri khas lembut dan rasa hangat).
    • Tingkat dasar (tekstur minyak lebih kental dengan wangi yang kuat dan tahan lama).

    • Bahan pengawet

      Seperti fungsi pada umumnya, kandungan vitamin C dan vitamin E selaku antioksidan alami berfungsi untuk memperpanjang masa simpan produk.

    Beberapa tips sederhana dalam penggunaan minyak brewok:

    Cara pakai minyak brewok

    1. Brewok berusia di bawah sebulan perlu 2-3 tetes saja setiap hari. Menuju 3 bulan berikutnya akan mulai memerlukan 3-6 tetes. Baru ketika sudah cukup lebat butuh 6-10 tetes per harinya.
    2. Taruh dan sebarkan minyak di genggaman tangan, gosok sedikit dengan kedua telapak tangan agar cairan menjadi hangat.
    3. Usapkan minyak ke helai-helai rambut brewok dan kulit wajah di bawahnya
    4. Bila diperlukan, gunakan kuas atau sisir brewok agar membantu menyebarkan minyak secara merata ke seluruh bagian jenggot.

    Membersihkan brewok saat mandi dengan sampo dan kondisioner jenggot (beard wash)

    Waktu mandi adalah rutinitas membersihkan diri yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan brewok yang sehat. Bulu wajahmu akan tumbuh lebih nyaman di atas kulit wajah yang sehat.

    Mencuci brewok berperan penting mencegah penumpukan minyak sebum yang menutupi pori-pori kulit wajah — ladang favorit tumbuhnya jerawat dan ketombe yang tentu ingin Bro hindari muncul mengganggu penampilan brewok Bro yang jadi andalan. Selain itu, dengan kombinasi kondisioner atau pencucian sekaligus dengan metode co-washing hanya dengan kondisioner saja, bantu buat brewok Bro jadi lebih lembut dan nyaman disentuh.

    Kebanyakan pemula tergoda untuk memakai sampo (shampoo) dan kondisioner (conditioner) yang biasa digunakan untuk kepala pada brewok kebanggaan mereka. Ini mengkhawatirkan, karena justru dapat mengganggu progres pertumbuhan brewok Bro sebab sampo dan kondisioner untuk rambut kepala tersebut tentu diformulasikan tentu untuk menangani kulit di kepala Bro yang lebih tebal — bukan kulit wajah di bawah bulu-bulu brewok.

    Selain menguatkan dan menyehatkan rambut, fungsi utama sampo dan kondisioner adalah membersihkan sebum berlebih yang buat kulit kepala berminyak — menyisakan cukup sebum yang menjaga kulit tetap sehat. Produksi minyak sebum ditentukan oleh seberapa banyak titik lubang rambut dan folikel yang ada. Di sini letak masalahnya Bro, sampo dan kondisioner rambut kepala diperuntukkan untuk membersihkan minyak sebum berlebih dari area 130,000 folikel rambut — sementara kulit di bawah brewok Bro hanya punya 30,000 folikel rambut atau lebih sedikit sebum. Penggunaan produk yang tidak tepat sasaran ini akan mengikis habis kadar sebum ideal yang diperlukan kulit wajah Bro agar tetap lembab, mengakibatkannya jadi kekeringan dan berpotensi timbulkan rasa gatal.

    Tips memakai sampo dan kondisioner brewok

    Beberapa aturan mencuci brewok yang Bro perlu perhatikan:

    1. Jika kulit wajah Bro cenderung lebih berminyak, maka cucilah rambut jenggot Bro lebih rutin. Berlaku sebaliknya, jangan terlalu sering keramas brewok jika tipe kulit cenderung kering.
    2. Semakin tebal brewok Bro, biasanya semakin lebih kering kulit wajah di bawah bulu-bulu jenggot. Jadi jangan cuci sering-sering. Sebaliknya untuk Bro yang brewoknya masih tipis atau tumbuh jarang-jarang, ini akan membantu brewok Bro terlihat lebih penuh.
    3. Bila jenis helai rambut Bro adalah ikal, maka semakin mengarah ke keriting akan cenderung lebih kering pula kulit wajah di bawahnya.
    4. Untuk Bro yang tinggal di daerah yang panas dan gersang, biarkan cukup waktu untuk kulit wajah Bro memproduksi sebum yang diperlukan untuk menjaga kelembaban brewok sebelum jadwal keramas janggut berikutnya ya.

    Dalam menggunakan sampo dan kondisioner, Bro bisa mengenakan seperti biasanya dalam menggunakan sampo dan kondisioner biasa untuk rambut kepala.

    1. Basuh rambut brewok hingga ke kulit-kulit wajah.
    2. Taruh sebagian di tangan dan mulai gosok perlahan.
    3. Gunakan ke seluruh bagian brewok
    4. Pastikan Bro juga sembari memijat kulit-kulit wajah di bawahnya
    5. Pakai ujung jari-jari Bro untuk menyeruak ke dalam ketebalan brewok sambil bergerak ke berbagai arah untuk memastikan tidak hanya bagian atas jenggot yang disabunin.
    6. Biarkan beberapa menit untuk manfaat bersih maksimal.
    7. Bila diperlukan, gunakan bantuan sikat brewok untuk menjangkau rambut jenggot yang panjang dan tebal.
    8. Bilas hingga tidak ada lagi busa sampo yang tertinggal.

    Perawatan brewok untuk membentuk dan merapikan jenggot

    Menata brewok dengan sisir dan sikat brewok

    Sisir brewok

    Dalam merapikan bentuk brewok, Bro bisa memilih sisir khusus brewok atau langsung sikat brewok.

    Ketika memilih sisir brewok, pastikan jarak gigi-gigi sisir cukup lebar untuk menyisir dan melewati setiap bagian brewok dengan nyaman, agar terhindar dari potensi masalah seperti sisir yang menyangkut dan berujung membuat bulu-bulu rambut brewok jadi patah.

    Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah durabilitas dan elastisitas bahan. Bro tentu tidak mau gigi-gigi sisir yang terlalu lemah dan langsung membengkok setelah beberapa kali pemakaian, atau sisir dari bahan kayu berkualitas buruk yang berpotensi berjamur setelah beberapa bulan.

    Sikat brewok (sisir brush)

    Sikat brewok adalah pilihan yang lebih tepat untuk menata jenggot karena Bro akan dimudahkan dengan hadirnya lebih banyak gigi-gigi sikat di penampang yang lebih luas, tidak seperti sisir. Ini membuat rutinitas menata brewok Bro jadi lebih gampang dan selesai lebih cepat.

    Ketika menyikatkan brewok, secara bersamaan Bro juga akan menyapu debu dan kotoran rambut. Efek bulu-bulu sikat brewok juga membantu mendistribusikan sebum hingga penggunaan minyak brewok lebih merata dari kulit wajah ke rambut jenggot.

    Membentuk model gaya brewok

    Styling wax brewok

    Produk ini dapat hadir dalam berbagai bentuk keenceran, dari yang menyerupai balsem (beard balm) hingga yang berbentuk gel. Fungsi utama styling adalah untuk membentuk dan mempertahankan gaya brewok hingga waktu yang lama.

    Semakin encer pilihan bahan styling yang kamu gunakan, semakin mudah nantinya model yang telah dibentuk namun cenderung tidak tahan begitu lama. Sebaliknya untuk beard balm yang cenderung bertahan lebih panjang. Beberapa styling beard balm umumnya juga berikan efek mengkilat pada bagian rambut yang diolesi.

    Jika brewokmu semakin lebat, atau sekedar ingin bentuk bertahan lebih lama, maka silahkan colek lebih banyak wax untuk diusapkan ke jenggot sambil mengatur bentuk tampilan yang kamu inginkan.

    Beard shaper

    Beard shaper adalah alat bantu untuk mengaturmu saat merapikan area cukuran rambut agar mencapai bentuk lengkung kontur yang sempurna mengikuti wajah. Bila Bro ingin alat yang multifungsi, beberapa beard shaper telah hadir satu paket dengan alat sisir brewok sebagai pilihan.

    Bagi Bro yang ingin tampil dengan gaya brewok goatee, terdapat set shaper yang berbeda yang berfokus menata bulu wajah di area sekitar mulut dan dagu.

    Mencukur brewok dengan gunting pangkas jenggot

    Kegiatan mencukur brewok jauh lebih mudah dikuasai dibandingkan mencukur rambut, dan dapat dilakukan sendiri tanpa perlu ke tukang cukur. Semua yang Bro perlukan adalah gunting pangkas jenggot kualitas barbershop yang jadi bekal persiapan peralatan esensial kapanpun diperlukan.

    Mencukur brewok tidak untuk sekedar menjaga panjangnya tetap sesuai selera, dalam proses menumbuhkan brewok Bro akan perlu memotong rambut jenggot yang kusut atau membandel, hingga dipergunakan untuk keperluan membentuk model gaya brewok yang didambakan.

    Memahami model gaya brewok yang tepat untukmu

    Inspirasi model brewok yang diinginkan dari tokoh idola Bro, bisa jadi tidak tampil sekeren yang diperkirakan nanti sebab tidak sesuai dengan bentuk wajah Bro. Maka pahami dulu bentuk wajah yang Bro miliki dan model brewok apa yang nantinya membuat kesan wajah Bro jadi lebih rupawan.

    Terdapat delapan jenis bentuk wajah dengan karakteristik khasnya masing-masing:

    1. Wajah lonjong (kadang disebut persegi panjang jika sudutnya tajam, atau oblong dan oval jika sudutnya semakin melengkung)
    2. Wajah persegi atau kotak
    3. Wajah bulat
    4. Wajah berlian
    5. Wajah segitiga atau hati
    6. Wajah segitiga terbalik atau pir
     Bentuk Wajah untuk pria yang menumbuhkan brewok

     Ketika memilih model brewok, Bro bisa mempertimbangkan berdasarkan seberapa penuh dan seberapa tebal rambut jenggot yang tumbuh. Beberapa orang hanya ingin bulu wajah tumbuh di satu area saja (seperti kumis atau jambang), pilihan lain adalah tipe brewok sebagian dimana bulu wajah muncul di lebih satu bagian (seperti kumis dan janggut), dan pilihan dalam mode penuh atau sempurnanya dimana setiap bagian bulu wajah saling terhubung (jambang, brewok, kumis, hingga janggut).

    Konsep sederhana dalam memilih model brewok yang tepat adalah yang menyeimbangkan bentuk wajah Bro jadi tidak terlalu bulat, tidak terlalu kotak, atau terlalu lancip. Model-model brewok yang kami rekomendasikan di bawah disusun berdasarkan kriteria dan konsep penyeimbang ini.

    1. Model brewok yang cocok untuk wajah lonjong

      Model yang terbaik adalah yang mampu mengurangi perhatian pada kelonjongan wajah Bro. Style yang menekankan pada pertumbuhan bulu wajah di area rahang adalah pilihan terbaik. Mulai dari full beard (brewok penuh), chin curtain (brewok penuh tanpa kumis), extended goatee (brewok penuh tanpa terhubung ke jambang), maupun mutton chops (brewok penuh tanpa kumis dan jenggot)

    2. Model brewok yang cocok untuk wajah petak

      Model yang tepat untuk Bro yang berwajah petak adalah gaya yang menekankan pada kumis. Mulai dari balbo (kumis + soul patch + jenggot pendek), goatee and moustache (jenggot terhubung ke kumis), atau chin strap (bulu wajah terhubung dari jambang ke jambang, namun hanya di sekitar rahang).

    3. Model brewok yang cocok untuk wajah bulat

      Bagi Bro yang memiliki wajah berbentuk bulat, model brewok yang baik adalah yang berfokus pada area dagu dari wajah. Model seperti goatee (hanya jenggot + soul patch), soul patch saja (atau comek), maupun chin strap.

    4. Model brewok yang cocok untuk wajah berlian

      Jika Bro berwajah dengan bentuk berlian, maka Bro akan cocok untuk model brewok apa saja. Jadi tidak perlu ambil pusing, Bro bisa pilih model minimalis sampai yang komplit seperti brewok penuh (full beard).

    5. Model brewok yang cocok untuk wajah segitiga terbalik

      Untuk Bro yang memiliki wajah dengan bentuk segitiga terbalik, maka bisa berfokus menumbuhkan bulu wajah di area brewok agar membuat rahang terlihat lebih penuh. Model-model untuk jenis wajah lonjong akan cocok juga buat Bro seperti mutton chops, chin curtain, dan extended goatee.

    6. Model brewok yang cocok untuk wajah segitiga

      Bila Bro memiliki wajah berbentuk segitiga atau hati, maka opsi model-model brewok yang menghiasi dagu adalah pilihan tepat agar dagu yang lancip tidak terlalu menonjol. Bro bisa memilih model yang serupa dengan teman-teman berwajah bulat.

    Gaya jenggot untuk pria

    Mengatasi masalah dalam fase pertumbuhan brewok

    Dalam perjalanan mendapatkan brewok idaman, Bro akan menghadapi satu dua masalah yang mengganggu baik yang sifatnya natural maupun yang disebabkan kurangnya perawatan. Maaz ingin membagikan Bro tips-tips perawatan dalam menangani dan mencegahnya agar dapat lebih menikmati proses menuju pertumbuhan brewok andalan Bro nanti.

    Bulu wajah tumbuh jarang-jarang

    Brewok tidak merata dan bintik-bintik botak

    Nah, tidak perlu khawatir. Bersabarlah Bro, ini adalah proses yang wajar karena memang berdasarkan masing-masing gen maka beberapa area wajah akan ditumbuhi bulu lebih cepat dibanding lainnya. Biarpun brewok terlihat masing jarang-jarang pada bulan pertama, masih sangat memungkinkan untuk tumbuh merata ketika mulai melewat bulan ketiga.

    Untuk membantu mempercepatnya, Bro bisa mengoleskan lebih banyak serum brewok di bagian tertentu yang masih jarang ditumbuhi bulu wajah. Ketika Bro menginginkan model brewok penuh (full beard) sedangkan laju pertumbuhan antar area mulai tak seimbang, semisal jenggot telah tumbuh ke bawah memanjang sementara brewok di rahang belum secepat itu — Bro selalu punya opsi untuk memangkas jenggot secukupnya agar tetap proporsional.

    Kumis bercelah

    Untuk bulu wajah di bagian kumis, helai rambut umumnya tumbuh lebih sedikit di area filtrum — lekukan di bawah hidung, diatas tengah-tengah bibir. Bro juga tidak perlu khawatir, karena ini proses natural. Yang perlu diperhatikan selama fase menunggu adalah memastikan kumis di sisi kiri dan kanan tumbuh pada arah yang teratur, tidak keriting dan seperti acak-acakan karena akan membuat perhatian lawan bicara Bro terfokuskan pada celah pada kumis ini.

    Hal buruk lain yang kerap terabaikan dalam pemandangan sehari-hari diri sendiri, adalah ketika celah ini justru tertutupi bulu yang tumbuh dari lubang hidung. Pastikan tetap menjaga kebersihan dengan memangkas bulu yang telah memanjang hingga keluar hidung ini ya.

    Masalah ketika kelembapan kulit di bawah bulu wajah tidak terjaga

    Ketombe di bawah brewok

    Salah satu penyebab munculnya ketombe di kulit wajah di bawah brewok adalah infeksi jamur. Infeksi ini terjadi karena jamur yang hidup di kulit Bro karena terhalang bulu wajah di atasnya, sehingga dapat bersembunyi dari sinar matahari yang dapat membunuh dan memperlambat pertumbuhannya. Peluang jamur ini muncul akan semakin besar bagi Bro yang memiliki bulu brewok yang panjang, lebat dan rapat.

    Cara efektif menghilangkannya adalah menggunakan sampo dan kondisioner khusus brewok yang bantu mengeksfoliasi (mengelupas) kulit mati dan kering di wajah Bro yang tertutup bulu brewok. Ketika sedang mengeramasi brewok, pastikan Bro tidak sekedar memijat namun juga menggosok dengan lembut agar ketombe-ketombe tersebut terangkat.

    Jerawat di bawah brewok

    Senada dengan asal mula munculnya ketombe, jerawat di kulit wajah juga diawali oleh produksi minyak sebum berlebih dan kulit mati yang tidak terangkat secara teratur — ketika bertemu dengan bakteri maka mengakibatkan jerawatan pada kulit.

    Gunakanlah pula secara teratur sampo dan kondisioner khusus jenggot. Jangan lupa sesuaikan frekuensi penggunaan terhadap jenis kulit wajahmu — apakah yang berminyak, kering, atau kombinasi. Menjaga kelembaban kulit tetap ideal ada kunci, tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak.

    Masalah yang timbul dari proses mencukur brewok

    Rasa gatal sehabis bercukur

    Rasa gatal yang Bro alami disebabkan ujung helai rambut pendek yang tajam sisa hasil cukuran. Rasa gatal ini mulai akan dirasakan saat helai rambut mulai tumbuh dan mengeriting, ujungnya yang tajam akan menusuk kulit dan buat Bro merasakan gatal. Periode dipenuhi rasa gatal-gatal ini akan berlangsung hingga dua minggu dan mulai mereda ketika rambut semakin memanjang.

    Bro bisa mengurangi rasa gatal ini dengan melembutkan bulu-bulu wajah tersebut lewat penggunaan minyak jenggot sejak hari pertama.

    Rasa perih dan tonjolan dari rambut janggut yang tumbuh ke dalam

    Rambut jenggot yang tumbuh ke dalam terjadi ketika pori-pori wajah tertutupi sehingga helai tersebut tidak tumbuh ke atas dan malah melekuk ke dalam kulit. Ini akan memunculkan tonjolan-tonjolan bercak merah yang mengganggu sampai timbulkan rasa perih.

    Hal pertama yang harus Bro lakukan adalah memastikan kulit wajah di bawah brewok rutin dibersihkan, agar tidak ada kotoran atau minyak sebum berlebih yang menutupi lubang pori-pori.

    Penyebab kedua yang terjadi lebih sering, disebabkan teknik dan proses mencukur yang tidak baik. Berikut tahapan yang tepat:

    1. Sebelum mencukur, basahi wajah dengan air hangat agar pori-pori melebar sejenak sehingga hasil potongan cukur tidak berisiko jadi rambut yang tumbuh ke dalam.
    2. Gunakan pula krim cukur untuk menghindari iritasi akibat mata pisau yang bergesekan dengan permukaan kulit yang kasar
    3. Cukurlah rambut brewok searah dengan ujung helai rambutnya. Jangan malah berlawanan.
    4. Gerakkan pisau cukur dalam alur yang sesedikit mungkin.
    5. Rendam dan bersihkan pisau cukur dalam setiap tarikan cukur, jangan sampai ada bulu rambut yang menyangkut di mata pisau sebelum digunakan untuk tarikan cukur berikutnya.
    6. Pakai krim pelembut setelah cukur untuk mencegah dan meredakan iritasi dan gatal-gatal. Alternatif lain dapat menggunakan bedak khusus yang dapat ditaburkan setelah mencukur juga

      

    Rutin Mencukur untuk pria berjanggut