5 Penyebab Tumbuh Bulu pada Wajah Pria dan Wanita yang Jarang Diketahui

Bobby Agung
Bobby Agung

Gen adalah salah satu penyebab tumbuh bulu pada wajah pria. Di luar faktor tersebut, nyatanya ada berbagai alasan lain yang perlu diperhatikan.

Sudah jadi rahasia umum, jika orang tua punya riyawat memiliki brewok, maka kemungkinan besar “bakat” tersebut akan diturunkan kepada anak-anaknya.

Selain gen, hal lain yang memicu pertumbuhan bulu di wajah adalah hormon dan usia. Secara umum, munculnya bulu di wajah merupakan bentuk kedewasaan.

Ini adalah karakteristik seks sekunder pada pria, yang umumya mulai terjadi pada fase akhir pubertas atau saat masa remaja (sekitar 15–18 tahun ke atas).

Inilah Penyebab Tumbuh Bulu pada Wajah Pria dan Wanita

Berdasarkan penjabaran di atas, dapat dipastikan bahwa kemunculan bulu di wajah merupakan fenomena wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Selagi tidak ada gejala lain yang dapat mengganggu aktivitas, maka tidak dibutuhkan tindakan medis untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas, adakah faktor lain yang dapat memicu pertumbuhan bulu tersebut? Bagaimana dengan wanita yang memiliki rambut halus di wajah?

Agar tidak keliru, pahami penyebab tumbuh bulu pada wajah pria dan wanita berikut ini.

1. Kenaikan Berat Badan

Bulu Tumbuh Karena Berat Badan Naik

Kenaikan berat badan adalah salah satu penyebab tumbuh bulu pada wajah pria dan wanita.

Saat berat badan naik, produksi insulin dan androgen membuat pertumbuhan bulu bertambah. Tidak cuma di badan, ini juga bisa terjadi pada wajah.

Bagi pria dan wanita yang risih dengan kemunculan bulu di dagu atau atas bibir, membiasakan berolahraga adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.

Olahraga membuat kulit menjadi kencang dan cerah. Ini bagus untuk menstabilkan hormon kita, sehingga tidak memproduksi rambut terlalu cepat.

2. Banyak Mengonsumsi Ikan

Ikan mengandung protein yang tinggi, sedangkan protein sendiri berguna untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria maupun wanita.

Hormon testosteron adalah hormon seksual yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

Jadi jika kalian mengonsumsi banyak olahan ikan, maka kebiasaan tersebut kemungkinan besar dapat memicu pertumbuhan bulu di wajah.

Namun, bukan berarti kalian tidak boleh memakan ikan sama sekali. Penuhi saja kebutuhan protein hariannya, serta jangan konsumsi secara berlebihan.

3. Tingkat Stres yang Tinggi

Penyebab tumbuh bulu pada wajah pria dan wanita selanjutnya adalah tingkat stres yang tinggi.

Tidak cuma mental, stres juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon pada tubuh manusia. Ini sekaligus memicu pertumbuhan rambut lebih cepat.

Pada beberapa kasus, stres bisa memicu pertumbuhan rambut di area-area yang kurang lazim.

Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memantik masalah psikis yang lebih serius serta memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Pola Tidur yang Buruk

Tumbuh Bulu Karena Kurang Tidur

Mirip seperti stres, kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon. Karena itu, ini bisa menjadi penyebab tumbuh bulu pada wajah pria dan wanita.

Sebaiknya pastikan kalian tidur minimal 7 jam pada malam hari. Tidur yang cukup tidak cuma menyimbangkan hormon, tetapi juga menurunkan tingkat stres.

Dari segi penampilan, kulit muka orang dengan pola tidur yang buruk terlihat kusam dan kasar.

Alih-alih terlihat muda tanpa rambut di wajah, penampilan kalian justru terlihat lebih tua karena kesegaran alami kulit yang menghilang.

5. Konsumsi Kafein Berlebih

Kandungan kafein pada kopi dipercaya ampuh meningkatkan produksi hormon testosteron.

Karena itu, tidak heran jika kandungannya banyak digunakan pada produk penumbuh jenggot.

Jika tidak ingin wajah ditumbuhi oleh bulu, sebaiknya batasi konsumsi kopi harian kalian.

Pilihlah produk kopi dengan kafein rendah, sehingga risiko pertumbuhan rambut dapat diredam.

Kenapa Tumbuh Bulu Halus Setelah Memakai Skincare?

Selain lima faktor di atas, ada pula satu penyebab tumbuh bulu pada wajah yang jarang orang ketahui, yaitu efek penggunaan skincare.

Pemutih dan pelembap adalah dua skincare yang sering digunakan. Namun jika kandungannya abal-abal, maka bisa memicu pertumbuhan rambut di wajah.

Pemutih dan pelembap abal-abal umumnya tidak dilengkapi lebel BPOM, serta mengandung bahan berbahaya seperti hidrokinon, merkuri dan streroid. 

Krim pemutih yang mengandung streroid dapat mengganggu hormon dalam tubuh, sehingga menyebabkan bulu halus di wajah semakin lebat.

Karena itu, agar kulit dan rambut senantiasa sehat, gunakan produk perawatan wajah yang terbukti aman dan mengandung bahan-bahan alami.

Seperti produk-produk Maaz Grooming, yang diformulasikan untuk menstimulasi pertumbuhan brewok sekaligus menjaga kesegarannya.

Produk-produk itu dapat kalian beli secara langsung di website Maaz.id, atau melaluui laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Sekian ulasan mengenai penyebab tumbuh bulu pada wajah pria maupun wanita.

Semoga bermanfaat!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.