4 Ramuan Alami Penumbuh Jenggot Paling Ampuh. Mudah Dibuat Sendiri!

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Pertumbuhan jenggot Brother tidak sesuai harapan, padahal berbagai obat penumbuh jenggot telah dicoba? Tak ada salahnya, mencoba racikan penumbuh jenggot berbahan dasar alami ini, Bro!

Pertumbuhan jenggot setiap orang memang berbeda-beda ya, Bro karena dipengaruhi oleh banyak faktor.

Faktor-faktor yang bisa membuat jenggot sulit tumbuh di antaranya faktor genetik, asupan makanan, gaya hidup, serta faktor lingkungan.

Bagi Brother yang sudah nyaris putus asa karena berbagai obat penumbuh jenggot tidak membuahkan hasil, tidak ada salahnya menggunakan beberapa racikan alami berikut ini.

4 Racikan Penumbuh Jenggot Berbahan Alami

Lemon Kopi Kayu Manis Bahan Alami Penumbuh Jenggot
Image By Jcomp On Freepik

1. Bubuk Kayu Manis dan Perasan Lemon

Racikan penumbuh jenggot yang pertama adalah campuran perasan lemon dan bubuk kayu manis.

Lemon kaya akan kandungan vitamin C, asam sitrat dan kalsium. Oleh karena itu lemon memiliki kadar anti oksidan yang cukup tinggi.

Efek dari anti oksidan inilah yang menjadi stimulan untuk mempercepat pertumbuhan jenggot.

Sedangkan kayu manis mengandung senyawa utama yang dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju folikel atau akar rambut.

Sehingga, selain rambut dapat tumbuh dengan lebih cepat juga dapat mencegah rontok berlebihan.

Cara Meracik Kayu Manis dan Perasan Lemon untuk Penumbuh Jenggot

Pertama, campurkan bubuk kayu manis dengan air perasan lemon. Aduk merata selama beberapa menit hingga agak mengental seperti pasta.

Lalu terapkan pada area jenggot Brother dan diamkan selama 20-30 menit agar racikan ini meresap.

Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih.

Ulangi perawatan ini paling tidak 2-3 kali dalam seminggu.

2. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Bahan alami penumbuh jenggot lainnya adalah minyak zaitun dan kayu putih. Sebenarnya, kedua bahan ini bisa dipakai terpisah untuk perawatan jenggot karena setiap bahan memiliki khasiatnya tersendiri.

Khasiat minyak zaitun untuk pertumbuhan jenggot memang sudah terbukti ampuh. Keampuhan ini dikarenakan kandungan antioksidan dan vitamin A pada minyak zaitun.

Kandungan tersebut memiliki peran mengunci kelembapan pada rambut sehingga rambut terjaga kelembapannya, berkilau, mudah diatur, dan tidak kering.

Sementara itu, minyak kayu putih mengandung zat Eucalyptol. Kandungan ini ternyata baik untuk kesehatan kulit kepala, karena dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga merangsang rambut untuk cepat tumbuh.

Cara Membuat Racikan Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Brother cukup menyiapkan kedua bahan tersebut lalu campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 10 tetes minyak kayu putih dan tempatkan di dalam mangkuk.

Mangkuk berisi racikan keduanya lalu hangatkan di atas air hangat. Perhatikan tingkat kehangatannya ya, Bro, jangan sampai terlalu panas. Cukup hangat-hangat kuku saja.

Setelah proses penghangatan selesai, kemudian usapkan pada area jenggot tumbuh dengan gerakan memijat. Lalu, tunggu selama 20 menit agar meresap.

Selanjutnya, bilas dengan air dingin sampai bersih. Rutinkan proses perawatan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

3. Bubuk Kopi Hitam dan Minyak Zaitun

Memakai Minyak Alami Untuk Obat Penumbuh Jenggot
Image By Freepik

Selain dikombinasikan dengan minyak kayu putih, minyak zaitun juga bisa diracik bersamaan dengan bubuk kopi hitam.

Selain biasa dijadikan bahan perawatan kulit, kopi juga ampuh untuk penumbuh jenggot, Bro.

Kandungan kafein pada kopi berefek pada pertumbuhan rambut. Selain itu kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan uban.

Ketika dua bahan ini dikombinasikan, efeknya dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan jenggot, juga membuat jenggot menjadi lebih hitam berkilau, lembut dan tidak rontok.

Cara Meracik Kopi dan Minyak Zaitun untuk Penumbuh Jenggot

Brother cukup menyiapkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, aduk keduanya sampai merata hingga teksturnya agak mengental. Lalu, aplikasikan pada area jenggot tumbuh dengan merata.

Setelah didiamkan 30 menit dalam rangka proses penyerapan selesai, langsung bilas dengan air dingin sampai bersih.

Ulangi pemakaian racikan bahan alami penumbuh jenggot ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

4. Minyak Kelapa dan Minyak Rosemary

Senyawa yang terkandung dalam minyak kelapa bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan mencegah kerontokan rambut, termasuk rambut pada wajah.

Sedangkan, minyak rosemary mengandung senyawa yang disebut champor. Senyawa ini bermanfaat sebagai stimulan yang merangsang jenggot agar cepat tumbuh, dan mememperkuat akar rambut.

Kombinasi keduanya dapat menghasilkan jenggot yang terjaga kelembapannya dan cepat pertumbuhannya. Tak hanya itu saja, sekaligus jenggot Brother akan terhindar dari kerontokan.

Cara Meracik Minyak Kelapa dan Minyak Rosemary

Campurkan beberapa tetes minyak kelapa dan minyak rosemary dengan perbandingan satu banding satu. Lalu, campurkan keduanya.

Selanjutnya, Brother langsung saja usapkan pada area jenggot Brother. Jangan dulu langsung dicuci ya Bro, biarkan terlebih dahulu selama 15 menit agar kandungan baiknya meresap.

Setelah 15 menit, cuci area jenggot menggunakan air dingin sampai bersih. Lalu, cuci dengan menggunakan sampo ringan untuk menyempurnakannya.

***

Itulah beberapa ramuan penumbuh rambut yang bisa kamu pakai, Brother.

Selama kita telaten dan konsisten melakukan perawatan jenggot menggunakan berbagai racikan di atas, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Hasil akan lebih maksimal lagi dengan didukung oleh produk perawatan jenggot yang terbuat dari bahan-bahan alami juga, Bro! Apalagi kalau bukan produk perawatan brewok dari Maaz Grooming!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.