Efek Samping Bahaya Minoxidil untuk Menumbuhkan Brewok

Brewok memang bisa membuat tampilan kaum adam lebih macho. Tak heran jika banyak pria yang ingin memiliki brewok. Namun, tak semua brewok pria bisa tumbuh lebat secara alami. Alhasil, mereka melakukan segala cara agar brewok bisa tumbuh dengan indah. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Minoxidil. Tapi, ada beberapa pendapat yang memperdebatkan keamanannya untuk brewok. Apakah Minoxidil benar-benar aman digunakan untuk menumbuhkan brewok? Apakah ada efek samping bahaya minoxidil? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Efek Samping Bahaya Minoxidil Meski Bantu Percepat Pertumbuhan Brewok
  • Apa Itu Minoxidil?

  • Minoxidil adalah obat perangsang pertumbuhan rambut berbentuk busa atau cairan yang biasanya dipakai untuk mengatasi kebotakan. Namun, hanya beberapa kondisi kebotakan saja yang dapat diatasi dengan minoxidil. Menurut sehatq.com kondisi-kondisi tersebut antara lain kebotakan di bagian depan kepala atau garis rambut yang semakin ke belakang, kebotakan tiba-tiba, kebotakan bukan karena turunan dan kerontokan rambut setelah melahirkan.

    Tidak hanya untuk rambut di kepala, minoxidil bisa digunakan untuk memicu pertumbuhan rambut di wajah seperti kumis, jenggot dan brewok. Tapi perlu diingat hasil yang diberikan minoxidil tidak permanen, Kamu harus terus menggunakannya secara teratur agar brewok tetap tumbuh. Semangat ya, Bro! Demi tampang yang macho dan maskulin, apa sih yang tidak? Jangan lupa beli produk minoxidil terpercaya di Maaz Grooming, ya.

  • Cara Menggunakan Minoxidil

  • Sebelum menggunakan minoxidil ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu jangan sampai ada luka di bagian kulit wajah yang akan diaplikasikan minoxidil. Jika terdapat luka, ditakutkan pengaplikasian minoxidil akan makin memperparah luka dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Kemudian, jarak olesnya juga perlu diperhatikan. Karena minoxidil termasuk obat keras, minimal kamu mengoleskannya lagi setelah 9 jam pemakaian.

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, bentuk minoxidil ada dua yaitu busa dan cairan. Pertama, kami akan memberi tahu bagaimana pengaplikasian minoxidil busa yang benar terlebih dulu. Berikut cara-caranya:

    • Sebelum menggunakan minoxidil, cuci muka lebih dulu dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit terbuka.
    • Tuang busa minoxidil ke tangan. Oleskan pada area wajah yang ingin ditumbuhi brewok.
    • Dengan menggunakan jari-jari, ratakan busa minoxidil ke seluruh sudut wajah yang membutuhkan.
    • Pijat kulit dengan perlahan agar produk semakin meresap.
    • Jika sudah selesai, cuci tangan dengan air bersih.

    Apabila kamu menggunakan minoxidil dalam bentuk cair/krim, inilah cara-cara penggunaan yang tepat:

    • Langkah pertama sama, yakni cucilah mukamu dengan air hangat agar pori-pori kulit wajah terbuka.
    • Keringkan kulit wajah hingga benar-benar kering dengan handuk atau tissue.
    • Tuang ke tangan dan oleskan minoxidil sesuai dengan jumlah yang dianjurkan pada instruksi dalam kemasan. Jangan lupa untuk mengoleskannya dengan rata. Hal ini bertujuan agar rambut brewok tumbuh dengan rata juga. Kamu tidak mau, ‘kan brewok tumbuh belang-belang? Haha.
    • Diamkan selama 2 – 4 jam setelah minoxidil diaplikasikan agar kering maksimal. Artinya kamu tidak boleh melakukan kegiatan yang memicu keluarnya keringat di wajah seperti memakai helm, makan makanan pedas, memakai pengering rambut, dan lain-lain. 
    • Kamu juga tidak dianjurkan langsung tidur setelah menggunakan minoxidil karena minoxidil yang belum kering dikhawatirkan akan menempel ke sprei, sarung bantal atau pakaianmu saat tidur. Dengan begitu pemakaian Minoxidil akan terbuang sia-sia. Tunggu sampai kering sendiri, ya.

    Gunakan minoxidil sesuai kertas instruksi yang kamu dapatkan saat membeli, ya. Baca instruksi tersebut lebih dulu agar dosisnya tidak salah. Selama pemakaian minoxidil, sangat tidak dianjurkan memakai produk perangsang rambut lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi atau efek samping dari penggunaan obat. 

    Kamu masih bisa menggunakan krim muka lain untuk merawat kulit wajah, kok. Selain itu, kamu juga masih bisa memakai kondisioner brewok. Namun, jangan lupa cuci brewok sampai benar-benar bersih dari kondisioner sebelum memakai minoxidil. Kebersihan juga merupakan salah satu kunci agar minoxidil bekerja lebih efektif.

  • Efek Samping Bahaya Minoxidil

  • Sama seperti obat lainnya, minoxidil juga mempunyai efek samping jika kulitmu tidak cocok dengan obat penumbuh rambut ini. Efek samping yang ditimbulkan mulai dari yang ringan hingga ke yang serius. Efek samping yang paling umum adalah warna dan tekstur rambut berubah. Sebagian orang juga bisa alergi pada minoxidil. Gejala-gejalanya antara lain bentol-bentol, sesak napas, bengkaknya wajah, bibir, lidah dan tenggorokan.

    Efek samping serius yang disebabkan penggunaan minoxidil jarang terjadi. Namun, jika sudah memasuki aliran darah efek samping yang parah dapat terjadi. Oleh karena itu, pastikan tidak ada luka pada kulit yang akan diolesi minoxidil. Efek samping tersebut yakni:

    • Iritasi kulit parah
    • Pertumbuhan rambut di area yang tidak diinginkan pada wajah
    • Nyeri dada
    • Meningkatnya detak jantung
    • Kaki dan tangan membengkak
    • Berat badan naik secara signifikan
    • Merasa lemas seperti ingin pingsan
    • Pusing-pusing
    • Kulit menjadi kemerahan, hangat dan nyeri

    Jika timbul salah satu dari gejala di atas setelah penggunaan minoxidil, segera hubungi dokter. Minoxidil memang obat topikal yang bisa didapat dengan mudah di apotek. Meski demikian, efek samping dan risiko lain yang ditimbulkan dapat dianggap remeh. Bukannya tumbuh brewok, malah iritasi yang didapat. Alangkah lebih baiknya jika kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum memakainya. Yang terakhir stop penggunaan jika setelah empat bulan tidak ada perubahan.

  • Bantu Pertumbuhan Brewok dari Makanan

  • Selain obat topikal, untuk membantu pertumbuhan brewok kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi. 97% materi penyusun rambut adalah protein. Oleh karena itu, jika ingin mempertebal rambut asupan protein harian harus ditingkatkan. Makanan-makanan yang mengandung protein yang tinggi antara lain putih telur, ayam dan biji-bijian. 

    Selain protein ada beberapa vitamin lain yang juga mendukung pertumbuhan brewok. Vitamin-vitamin tersebut adalah vitamin C, A dan E. Semua vitamin tersebut mengandung antioksidan tinggi yang dapat mendorong regenerasi sel dan metabolisme. Hal itu akan membantu menumbuhkan rambut dengan cepat.

  • Bantu Pertumbuhan Brewok dengan Olahraga

  • Apa? Olahraga? Bagaimana bisa olahraga membantu pertumbuhan brewok? Ini cara yang mungkin jarang diketahui kaum adam. Olahraga akan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Hal itu membuat nutrisi dan vitamin yang kamu konsumsi menyebar dan bekerja lebih baik. Dengan begitu bulu-bulu halus di sekitar kumis, rahang dan dagu lebih cepat tumbuh. Ada baiknya jika kamu berolahraga tiap hari agar pertumbuhan rambut semakin cepat. Olahraga apa saja bebas asalkan berkeringat. Tubuh menjadi sehat, brewok pun tumbuh lebat.

    Sekian informasi tentang keamanan penggunaan minoxidil untuk menumbuhkan brewok. Biar tidak ragu lagi memilih produk untuk menumbuhkan brewok, beli saja langsung di Maaz Grooming. Produk-produk kami terjamin keamanannya dan juga disertai lembar instruksi yang jelas. Jika ada kendala, kamu bisa menghubungi kami di kontak yang tertera. Terus berusaha dan telaten ya, Bro. Pada akhirnya pasti kamu akan mendapatkan brewok sesuai keinginan

    Tulis komentar