Cara Membentuk Brewok di Rumah Tanpa Harus Ke Salon

Memelihara brewok, jenggot atau kumis memang membutuhkan perhatian ekstra. Ada saatnya Bro harus mencukur dan membentuk brewok agar tampak rapi dan menarik. Barbershop atau salon kerap jadi solusi kalau Bro ingin membentuk atau merapikan brewok. Meski begitu, kadang Bro pasti tidak punya waktu atau ada alasan lain saat Bro tidak bisa pergi ke salon atau barbershop. Itulah mengapa Bro harus bisa mencukur dan membentuk brewok sendiri. Bingung dan tidak tahu bagaimana cara membentuk brewok yang benar? Bro bisa ketahui tips berikut!

Membentuk brewok di rumah saja tanpa perlu ke salon juga bisa lho

Ketahui bagian yang perlu dicukur

Kalau Bro ingin mencukur brewok dan menata nya sesuai dengan style yang diinginkan maka jangan ragu-ragu. Bro bisa memilih berbagai style brewok yang sesuai dengan bentuk wajah. Jika Bro ingin sekedar merapikan atau membentuk brewok yang cukup panjang maka Bro tidak perlu mengkhawatirkan bagian leher atau neckline. Bentuk bagian leher atau neckline tersebut tidak terlalu keatas dan tidak terlalu ke bawah. Bagian leher atau neckline tersebut juga merupakan bagian yang harus Bro cukur atau trim saat brewok baru tumbuh pendek. Selain bagian leher, Bro juga harus merapikan brewok pada bagian pipi dengan benar. Agar hasil cukur tidak terlihat aneh maka Bro bisa memulai mencukur dari bagian dalam pipi kemudian berlanjut ke arah luar. Pastikan Bro mencukurnya dengan sangat pelan dan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan atau mencukur bagian yang terlalu luas. Namun, jika Bro melakukan sedikit kesalahan dengan memotong brewok terlalu lebar di bagian pipi maka biarkan saja karena bagian tersebut akan tumbuh kembali.

Pilih style brewok yang sesuai

Membentuk brewok sesuai dengan wajah akan membuat penampilan lebih menarik dan memberikan brewok Bro statement yang berbeda. Berikut bentuk style brewok yang sesuai dengan bentuk wajah

  • Wajah segitiga, cocok menggunakan gaya beard stache, kombinasi brewok stubble atau tipis dan kumis
  • Wajah kotak cocok dengan gaya full beard dengan rambut yang panjang di area dagu
  • Wajah bulat dan hati, bisa gunakan model brewok full beard yang panjang untuk menyesuaikan bentuk wajah
  • Wajah oval, paling mudah dibentuk dan baiknya memiliki bagian tepi atau sideburn yang panjang dan bagian dagu yang pendek
  • Wajah diamond atau persegi panjang bisa menggunakan model brewok full beard yang berbentuk membulat di area dagu dan pendek di bagian samping atau sideburn

Gunakan alat yang tepat

Untuk mendapatkan hasil cukur yang sempurna, Bro bisa gunakan alat cukur yang tepat dan standar. Bro tidak perlu menggunakan alat cukur mahal layaknya seorang stylist profesional kalau Bro masih belum begitu mahir. Beberapa alat standar yang bisa Bro gunakan untuk mencukur brewok sendiri di rumah antara lain clipper, razor, gunting khusus, sikat jenggot dan sisir. Lakukan pencukuran di area rambut jenggot yang terpanjang dengan menggunakan clipper kemudian cukur sesuai area yang ingin Bro inginkan. Seorang ahli stylist Matty Conrad, dari Amerika Serikat  menyebutkan dalam laman insider.com bahwa terkadang pria melakukan kesalahan dengan menggunakan alat cukur khusus untuk brewok panjang untuk mencukur brewok pendek dan sebaliknya.

Perhatikan cara mencukur brewok yang benar

Kalau Bro baru pertama kali mencukur brewok sendiri, agaknya Bro harus mengetahui cara mencukur jenggot atau cara mencukur brewok dengan benar. Ikuti tips dan cara mencukur brewok berikut ini supaya Bro bisa dapatkan hasil cukur yang diinginkan.

  1. Temukan gaya brewok yang sesuai dengan bentuk wajahmu, kalau Bro tidak yakin Bro bisa cari referensi di internet.
  2. Sisir atau gunakan sikat rambut searah sebelum mulai mencukur untuk menata rambut jenggot dan mengetahui bagian yang terpanjang.
  3. Pangkas bagian tepi atau sideburn dan cukur rambut yang tumbuh di luar garis brewok, tentu Bro tidak mau bagian tepi terlihat sangat lebat seperti Wolverine, bukan?
  4. Setelah mencukur daerah tepi, cukur rambut brewok disekitar bibir dan lakukan juga trimming pada nostril atau sekitar hidung.
  5. Setiap brewok atau jenggot punya karakteristik tersendiri sehingga tidak ada patokan alat apa yang harus kamu gunakan tapi baiknya ketahui alat yang tepat untuk mencukur brewokmu.
  6. Kalau Bro menggunakan clipper atau alat cukur elektrik lainnya, gunakan alat pelan-pelan saja dan jangan tergesa-gesa saat membentuk brewok atau jenggotmu 

Itulah beberapa tips mencukur brewok yang bisa Bro ikuti. Uniknya, berdasarkan studi dari Wahl, 40% pria pada rentang usia 18-64 mulai menumbuhkan brewoknya dan menjadi mahir menata brewok sendiri sejak pandemi Covid-19 dimulai. Jadi, tak ada masalah jika Bro ingin berlatih bercukur sendiri dirumah tanpa bantuan stylish atau pergi ke salon.

Jangan lupa trimming bagian luar 

Trimming atau pemangkasan ujung rambut perlu dilakukan dengan hati-hati saat bercukur. Bro bisa melakukan trimming pada rambut jenggot atau brewok yang berada di bagian luar serta bercabang. Brewok yang bercabang akan mengganggu penampilan dan pastinya Bro akan tidak nyaman jika memiliki rambut dengan ujung yang bercabang. Untuk mendapatkan hasil trimming yang sesuai dan optimal, kau bisa gunakan alat trimming atau clipper yang berkualitas. Gunakan juga sisir dengan gigi yang jarang untuk membantu proses trimming dan hindari sisir bergigi rapat karena bisa memberi tekanan berlebih pada rambut brewok. Selain menggunakan clipper, Bro juga bisa menggunakan gunting khusus jenggot untuk hasil yang lebih presisi.  Jangan lupa membersihkan sisa-sisa rambut setelah mencukur bagian tersebut.

Lakukan perlahan dan hati-hati

Bercukur adalah hal rutin yang harus dilakukan oleh pemilik brewok atau jenggot. Dengan melakukan trimming secara rutin minimal satu kali dalam seminggu bisa mendapatkan hasil cukur yang optimal, serta Bro bisa mengurangi resiko salah cukur. Lakukan proses mencukur dengan hati-hati dan seksama agar Bro tidak salah cukur dan menyesal. Jangan terlalu menekan alat saat mencukur atau trimming, gunakan dengan pelan tapi pasti. Tentu Bro tidak mau kalau hasil menumbuhkan brewok atau jenggot jadi sia-sia karena salah bercukur, bukan? Jadi perlu diingat, ada tiga kunci utama untuk mencukur brewok sendiri di rumah yakni alat yang tepat, cara mencukur brewok yang benar, dan mengetahui bagian brewok yang akan dicukur dengan tepat. Kalau Bro belum begitu mahir menggunakan alat cukur Bro bisa berlatih dan dengan berjalannya waktu pasti Bro bisa menguasainya.

Selain menggunakan alat cukur yang tepat, menggunakan produk terbaik untuk brewok juga bisa membuatnya tampak lebih sehat dan menarik. Bro bisa memilih produk dengan kandungan bahan alami yang aman digunakan dan bisa menstimulasi pertumbuhan brewok atau jenggot. Kalau Bro ingin menumbuhkan brewok lebih cepat, Bro bisa coba produk dari Maaz Grooming yang akan diluncurkan tahun ini. Daftarkan email dan subscribe untuk dapatkan info serta promo yang menarik.

Tulis komentar