Co-washing Brewok Tanpa Shampo, Apakah Efektif?

Co-washing Brewok Tanpa Shampo, Apakah Efektif?

Mungkin Bro pernah mendengar istilah co-wash di dunia per-groomingan brewok. Co-washing adalah singkatan dari conditioner washing atau metode membersihkan atau mencuci rambut dengan menggunakan kondisioner. Dengan kata lain Bro tidak perlu menggunakan shampo brewok atau pembersih lain seperti beard wash untuk mencuci brewok, cukup dengan kondisioner saja. Lantas, apakah metode co-washing efektif untuk membersihkan dan merawat brewok? Cek penjelasannya di bawah!

Co-washing brewok hanya dengan kondisioner dan tanpa sampo

Bagaimana cara kerja co-washing?

Co-washing atau conditioner washing awalnya metode mencuci rambut dengan kondisioner ini banyak digunakan oleh mereka yang punya rambut keriting atau masalah rambut kering. Metode ini bisa memberi manfaat untuk rambut karena sebagian besar shampo yang digunakan untuk rambut mengandung sulfat atau bahan kimia deterjen lain seperti silikon yang dapat mengikis minyak alami rambut. Deterjen tersebut berperan sebagai penghilang kotoran atau agen pencuci yang efektif membersihkan rambut dari kotoran. 

Penggunaan shampo pada rambut kering sesering mungkin bisa menyebabkan rambut semakin kering dan sulit ditata. Kondisioner memiliki kandungan deterjen lebih sedikit dibandingkan shampo dan bisa menghilangkan kotoran atau residu pada rambut meskipun tidak seefektif shampo. Dengan menggunakan metode co-washing, rambut bisa mempertahankan minyak alami dan terlihat lebih sehat.

Manfaat co-washing untuk rambut

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa metode co-washing biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki rambut keriting atau rambut cenderung kering. Jadi, tidak semua orang bisa menggunakan metode ini untuk membersihkan rambut terutama yang memiliki rambut lurus atau berminyak. Jenis rambut lurus dan berminyak tentunya akan lebih cepat kotor karena kandungan minyak alami pada rambut yang lebih banyak sehingga diperlukan agen pembersih yang lebih kuat seperti shampo.

 Bukan berarti mereka yang punya rambut lurus tidak bisa melakukan co-wash, hanya saja tetap harus menggunakan shampo secara rutin sebelum menggunakan kondisioner. Metode co-wash juga bisa digunakan untuk mereka dengan rambut yang diwarnai. Kondisioner mengandung deterjen yang lebih sedikit sehingga tidak akan merusak pigmen warna seperti halnya shampo. Jadi, kalau Bro punya rambut keriting, kering atau diwarnai, Bro bisa gunakan metode co-wash secara rutin untuk membersihkan rambut.

Bisakah bro mencuci brewok dengan metode co-washing?

Meskipun metode co-washing tidak begitu efektif pada pemilik rambut lurus atau berminyak, ternyata metode ini efektif untuk membersihkan brewok. Perlu Bro ketahui, rambut pada wajah atau brewok cenderung lebih kering dibandingkan rambut pada kulit kepala karena brewok memiliki lebih sedikit folikel rambut. Itulah sebabnya rambut pada brewok tidak dapat mempertahankan minyak alaminya dan memiliki kondisi yang lebih kering. Selain itu, bentuk rambut pada brewok juga lebih rata jika dibandingkan dengan rambut pada kepala yang berbentuk silindris. Itulah mengapa biasanya rambut brewok juga bisa lebih keriting meskipun Bro punya rambut lurus.

Meski bisa digunakan untuk mencuci brewok atau jenggot, Bro mesti memperhatikan kondisi atau aktivitas Bro jika ingin mempraktekkan co-washing. Jika Bro adalah orang yang tidak bekerja di luar ruangan dan tidak sering terpapar debu dan polusi, atau hanya berada di kantor seharian, Bro bisa gunakan metode ini. Hanya saja bukan berarti Bro tidak perlu mencuci brewok dengan beard wash atau shampo brewok sama sekali. Bro bisa mencuci brewok dengan shampo khusus dua atau tiga kali dalam seminggu, bukan setiap hari. Co-washing tidak disarankan untuk Bro yang punya aktivitas padat khususnya di luar ruangan, karena jika demikian Bro harus membersihkannya dengan shampo plus kondisioner setiap hari.

Cara mempraktekkan co-washing

Kalau Bro ingin mencoba metode co-washing, baiknya Bro ketahui cara melakukannya dengan benar. Sebenarnya metode mencuci brewok dengan menggunakan kondisioner bisa dilakukan dengan mudah. Bro bisa gunakan kondisioner atau mengoleskannya pada brewok atau jenggot sesaat sebelum mandi. Oleskan kondisioner kemudian biarkan  terserap pada rambut brewok atau kulit selama kurang lebih 2 atau 3 menit. Gunakan seperti Bro menggunakan shampo pada umumnya. Lantas, pijat lembut dengan ujung jari agar kotoran terlepas dari wajah atau brewokmu. 

Jika Bro sudah selesai mengoleskan kondisioner dan memijat serta membersihkan brewok dari kotoran , Bro bisa bilas dan mandi seperti biasa. Keringkan brewok dengan handuk microfiber dan biarkan kering dengan sendirinya. Tidak hanya digunakan sebelum mandi, Bro juga bisa mengoleskan kondisioner leave-on pada brewok atau jenggot jika Bro sudah selesai mandi. Kondisioner tersebut bisa berfungsi sebagai softener atau pelembut yang membuat brewok mudah ditata dan terlihat lebih sehat. Setelah menggunakan kondisioner leave-on, Bro bisa gunakan produk lain untuk merawat brewok seperti beard oil atau beard balm

Tips merawat brewok dengan co-washing

Temukan produk kondisioner yang tepat

Sebelum menggunakan metode co-washing untuk membersihkan brewok atau jenggot, pastikan Bro memiliki produk kondisioner yang tepat. Kalau Bro sudah punya produk favorit, Bro tetap harus mempertimbangkan kandungannya. Kebanyakan kondisioner mengandung silikon, zat yang dapat membuat rambut atau brewok terlihat berkilau namun lama kelamaan juga bisa memberikan efek negatif seperti rambut kusam, berat dan lifeless. Hindari juga produk kondisioner jika terkandung sulfat, atau Paraben di dalamnya.

Pertimbangkan kandungan pelembab

Agar rambut atau brewok tetap sehat, Bro bisa pilih kondisioner dengan emolien atau pelembab alami seperti Shea butter, dan minyak alami yang dapat menghaluskan kutikula sekaligus mengurangi kaku. Bro juga bisa gunakan kondisioner dengan kandungan humektan atau pelembab seperti gliserin, panthenol atau madu, dan juga lidah buaya atau asam amino yang bisa membuat rambut lebih halus dan berkilau. Pastikan Bro memilih kondisioner yang bebas sulfat, paraben, SLS dan silikon.

Gunakan dengan lembut

Saat melakukan co-washing pada brewok atau rambut jenggot, pastikan Bro melakukannya dengan lembut. Pijat kulit wajah dengan ujung jari bukan dengan ujung kuku selama beberapa menit agar produk meresap dengan baik. Jika ada rambut pada brewok atau jenggot yang kusut, Bro bisa uraikan rambut secara perlahan dengan jari atau sisir bergigi jarang. Jangan tergesa-gesa kalau Bro ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan skip shampo sepenuhnya

Terkadang apabila Bro melakukan co-washing setiap hari, akan ada residu dari kondisioner atau kotoran yang tertinggal pada rambut wajah. Oleh sebab itu, Bro harus tetap menggunakan shampo brewok sesekali atau setidaknya sekali dalam seminggu. Pastikan shampo yang Bro gunakan juga bebas dari kandungan bahan kimia seperti sulfat, Paraben atau SLS yang bisa membuat rambut atau brewok menjadi kering dan rusak.

Jangan lupa untuk gunakan produk perawatan lainnya setelah membersihkan brewok seperti beard oil atau beard serum. Bro juga bisa coba rangkaian produk Maaz Grooming kalau Bro tertarik untuk menumbuhkan atau merawat brewok agar makin stylish. Daftarkan email dan subscribe supaya Bro bisa dapat info dan promo terbaru dari Maaz.

Tulis komentar