Menumbuhkan Brewok Setahun Penuh? Ini yeard yang Akan Bro Alami!

Menumbuhkan brewok atau jenggot sudah menjadi tren bagi sebagian pria. Namun, bayangkan jika suatu hari Bro mengambil keputusan untuk tidak mencukur brewok atau jenggot selama beberapa waktu misalnya selama setahun penuh. Dengan kata lain, Bro akan menumbuhkan brewok dan membiarkannya tanpa dicukur sama sekali selama setahun penuh. Kira-kira apa yang akan terjadi jika Bro memutuskan untuk menumbuhkan brewok selama satu tahun penuh? Apakah pertumbuhan brewok akan semakin cepat dan tidak mengalami masalah berarti? Simak penjelasannya berikut!

Yeard atau masa menumbuhkan brewok setahun penuh tanpa terputus

Definisi yeard

Yeard atau a year beard adalah istilah untuk brewok yang dibiarkan tumbuh selama setahun tanpa dipangkas sama sekali. Biasanya mereka yang memiliki yeard memang bertujuan untuk menumbuhkan brewok selama 12 bulan tanpa proses trimming untuk mendapatkan brewok yang panjang dan lebat. Tentunya diperlukan ketekunan dan kesabaran yang ekstra serta perawatan yang rutin untuk mendapatkan brewok keren setahun penuh. Bayangkan, apa Bro bisa tahan untuk tidak mencukur brewok selama 365 hari dan harus merawatnya dengan baik?

Ini yang dibayangkan saat menumbuhkan brewok selama setahun

Soal akan mulai menumbuhkan brewok selama setahun biasanya banyak pria yang beranggapan bahwa mereka harus mengorbankan kebersihan dan kerapian brewok mereka. Padahal pada kenyataannya meskipun dibiarkan tumbuh selama setahun, brewok tetap bisa terlihat bersih dan terawat. Kuncinya ada pada perawatan rutin yang Bro lakukan setiap hari. Dengan memelihara brewok selama setahun penuh tentunya Bro akan lebih mahir dan mengetahui bagaimana cara merawat brewok dengan baik. Pada akhirnya saat Bro berhasil menumbuhkan brewok setahun penuh atau yeard, Bro bisa mendapatkan pujian dan apresiasi dari orang lain karena kesabaran dan ketekunan yang beliau miliki. Selain itu, memiliki brewok yang panjang dan lebat bisa memberikan referensi di masa depan. Brewok yang penuh dan lebat tentu bisa dengan mudah dibentuk dengan gaya apapun.

Hal yang akan terjadi saat menumbuhkan brewok selama setahun penuh

Saat Bro memutuskan akan menumbuhkan brewok mulai sekarang hingga satu tahun kedepan, ada banyak hal yang akan Bro hadapi. Rambut pada bagian tubuh termasuk brewok tumbuh sekitar 0.5 inch atau 1,2 cm per bulan. Jika dikalkulasikan maka dalam setahun Bro akan mendapatkan brewok atau jenggot dengan panjang 6 inci atau sekitar 15 cm, cukup panjang bukan? Meski demikian, rambut brewok bisa tumbuh lebih cepat atau lebih lambat tergantung beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan tumbuh brewok di antaranya :

  1. Faktor genetis, berperan penting dalam pertumbuhan brewok, pria yang tidak memiliki gen brewok yang panjang kemungkinan tidak bisa menumbuhkannya.
  2. Hormonal, hormon testosteron dan DHT atau Dihydrotestosterone berperan penting dalam pertumbuhan brewok. Kadar testosteron dan DHT yang rendah membuat brewok tumbuh lebih lambat.
  3. Diet, nutrisi yang seimbang dan konsumsi makanan kaya vitamin seperti biotin bisa membantu pertumbuhan brewok lebih cepat
  4. Pola hidup sehat seperti cukup tidur bisa membantu brewok tumbuh lebih cepat, studi juga menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh.

Jika faktor di atas terpenuhi maka Bro bisa mendapatkan brewok yang sehat dan panjang dalam waktu setahun. 

Tahap pertumbuhan brewok dalam waktu satu tahun

Jika Bro menumbuhkan brewok selama setahun dari nol, ada beberapa tahap yang akan Bro lalui dan biasanya setiap tahan punya tantangannya tersendiri. 

Tahap awal

Di minggu-minggu pertama pertumbuhan brewok, tidak banyak yang bisa diamati. Brewok hanya akan tumbuh pendek dan Bro bisa melihat vellus hair atau rambut halus. Pastinya tidak ada brewok panjang dan lebat yang hanya tumbuh selama satu atau dua minggu. Setidaknya Bro harus menunggu selama empat minggu lebih untuk melihat hasilnya. Masalah yang akan Bro hadapi tahap awal pertumbuhan brewok biasanya adalah rasa gatal. Gatal pada brewok bisa disebabkan karena berbagai faktor dan bisa diatasi dengan perawatan yang benar. Ingat, dengan perawatan yang tepat Bro bisa mengurangi rasa gatal tanpa harus tergoda untuk memangkas brewok yang sudah tumbuh selama beberapa minggu. 

Tahap pertengahan

Tahap ini akan berlangsung pada bulan ke enam hingga bulan ke sembilan. Pada tahap ini, brewok sudah tumbuh cukup panjang dan menutupi garis leher atau neckline. Brewok juga sudah tumbuh panjang dan bisa nampak perubahannya. Mereka yang punya tipe rambut keriting juga akan memiliki brewok yang terlihat lebih lebat. Pada tahap ini biasanya juga akan bertanya-tanya apakah brewok sudah berhenti tumbuh.  Jawabannya bisa dipastikan brewok Bro belum berhenti tumbuh dan masih akan bertambah panjang. Meski brewok sudah tumbuh cukup panjang dan terlihat berhenti tumbuh, jangan berhenti sampai disini dan teruskan pertumbuhan brewok sampai beberapa bulan berikutnya. Dengan begitu Bro bisa  melihat perubahannya.

Tahap akhir

Pada bulan-bulan terakhir Bro menumbuhkan brewok selama setahun penuh, Bro bisa melihat ada penambahan panjang sebanyak beberapa inci pada brewok atau jenggot yang Bro miliki. Ya, tujuan Bro untuk mendapatkan brewok yang panjang dan penuh akhirnya bisa terlaksana. Di tahap ini Bro bisa melihat perubahan yang terjadi dari tahap awal Bro memanjangkan brewok dengan menggunakan diagram atau metode visual. Pada setiap tahap pertumbuhan atau setiap bulannya Bro bisa mengambil foto untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan brewok dari waktu ke waktu. 

Di tahap akhir pertumbuhan brewok ini, brewok sudah cukup penuh dan merata meskipun pertumbuhannya belum benar-benar terhenti. Kalau Bro sudah cukup puas dengan hasil yang Bro dapatkan selama setahun penuh Bro bisa mulai merapikan ujung brewok atau melakukan trimming atau styling untuk mendapatkan model brewok yang Bro inginkan. Bro juga bisa mencoba beberapa tips grooming untuk merawat brewok yang sudah setahun lebih tidak dicukur.

Tips merawat brewok yang tumbuh setahun penuh

Setelah brewok tumbuh selama setahun penuh tidak berarti Bro bisa berhenti merawat brewok. Ada beberapa tips grooming yang bisa Bro praktekkan untuk merawat yeard atau brewok yang tumbuh setahun penuh. 

  1. Rapikan bagian ujung brewok yang tidak merata atau bercabang
  2. Sesuaikan penggunaan beard oil atau beard balm dengan ukuran brewok yang Bro miliki
  3. Cukur bagian tepi atau sideburn dan juga area di bawah neckline untuk mendapatkan tampilan brewok yang lebih rapi 

Di tahap terakhir pertumbuhan brewok selama setahun, Bro bisa memutuskan untuk memangkas pendek yang sudah Bro rawat selama setahun atau melanjutkan pertumbuhan brewok sampai ukuran panjangnya maksimal atau peak beard. Baik memangkas atau melanjutkan pertumbuhan brewok, Bro tetap harus memperhatikan perawatan brewok dengan baik. Jangan sampai brewok yang Bro pelihara selama satu tahun penuh terlihat tidak terpelihara. Gunakan produk perawatan brewok yang tepat dan bisa merangsang pertumbuhan brewok lebih cepat. Jika Bro tertarik untuk menumbuhkan "yeard", Bro bisa coba gunakan produk dari Maaz Grooming yang akan segera diluncurkan tahun ini. Daftarkan email dan subscribe untuk dapatkan info serta promo menarik dari Maaz Grooming.

Tulis komentar