Ini Tantangan Punya Brewok Lebat yang Kerap Dialami Pria!

 

Memiliki brewok lebat adalah kebanggaan tersendiri bagi sebagian pria. Brewok lebat bisa membuatmu tampil lebih maskulin dan keren, tentu jika dirawat dengan benar. Meski bisa membuat tampilan Bro tampak lebih keren, memiliki brewok lebat bukannya tanpa tantangan. Terkadang Bro pasti mengalami masalah brewok saat mulai menumbuhkannya dari waktu ke waktu. Memelihara brewok lebat diperlukan komitmen dan mungkin saja Bro mesti mengalami beberapa masalah brewok sebelum mendapatkan brewok idaman.

Tantangan tersendiri dari memiliki brewok yang panjang dan lebat

Perawatan dan budget ekstra

Ada banyak tantangan yang dihadapi oleh pemilik brewok lebat diantaranya adalah perawatan ekstra yang harus dilakukan agar brewok atau jenggot tetap terlihat rapi dan tertata. Bro mesti menginvestasikan berbagai produk atau alat untuk menjaga agar brewok tetap terlihat keren. Tidak hanya shaving cream, saat Bro ingin menumbuhkan brewok, Bro mesti menggunakan produk lain seperti beard oil, beard serum, shampo atau kondisioner khusus atau alat trimming maupun brush khusus untuk brewok. Dengan begitu, Bro mesti menyiapkan budget khusus untuk merawat brewok atau jenggot supaya tumbuh lebat dan sehat. Tak hanya soal budget, Bro juga harus meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan perawatan. 

Rambut rontok

Tantangan lain yang datang saat menumbuhkan brewok adalah menemukan rambut rontok di berbagai tempat. Rambut rontok tersebut bukan berasal dari rambut kepala tetapi berasal dari rambut brewok atau jenggot. Terkadang Bro menemukan rambut tersebut ada dimana-mana termasuk di kloset, kamar mandi, ruang tamu, dapur bahkan tempat tidur. Rambut brewok yang rontok sebenarnya normal dan biasa terjadi terutama jika brewok tumbuh lebat. Dengan banyaknya rambut rontok yang mungkin bertebaran di dalam rumah, Bro juga mesti membersihkan rumah sesering mungkin. Bro juga kadang harus memiliki sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan rambut rontok tersebut. Untuk mengurangi masalah rambut rontok, Bro bisa menggunakan produk perawatan yang tepat dan mampu menguatkan akar rambut dengan optimal.

Rambut brewok tersangkut

Saat brewok Bro mulai tumbuh panjang dan nampak seperti brewok atau jenggot dewa-dewa Yunani atau para prajurit viking, mungkin Bro akan mengalami masalah brewok yang satu ini. Terkadang rambut brewok atau jenggot akan tersangkut pada resleting baju atau jaket, sabuk pengaman atau saat menutup lemari maupun kulkas, maupun tersangkut pada pakaian orang lain ketika berpelukan. Tantangan ini pastinya pernah dialami kalau Bro punya jenggot atau brewok yang panjang. Solusinya, Bro bisa berhati-hati saat menggunakan jaket dengan resleting atau saat akan mengenakan sabuk pengaman. Agar rambut brewok tidak mudah kusut dan tersangkut, Bro juga bisa menggunakan produk seperti beard oil atau beard cream yang membuatnya lebih halus dan tertata.

Gatal pada wajah

Rasa gatal biasanya akan Bro alami pada tahap awal pertumbuhan brewok. Selain disebabkan karena rambut wajah yang baru tumbuh, rasa gatal pada wajah akibat brewok juga bisa disebabkan karena faktor lainnya seperti kurangnya menjaga kebersihan, kulit kering, ingrown hairs, jerawat serta penggunaan produk grooming yang berlebihan sehingga kulit menjadi teriritasi. Terkadang rasa gatal pada brewok bisa menjadi semakin parah. Selain itu, kondisi kulit kering seperti xerosis juga bisa menyebabkan gatal pada brewok. Begitu juga dengan masalah kulit lainnya seperti folliculitis atau inflamasi atau peradangan yang terjadi pada folikel rambut yang mengakibatkan iritasi kulit. Folliculitis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur maupun virus.

Tips mengatasi masalah brewok dan gatal pada wajah

Bro tentunya tidak mau masalah ini terus berlanjut karena pastinya Bro akan merasa tidak nyaman dengan brewok yang Bro miliki dan terkadang akhirnya harus memangkasnya hingga habis. Rasa gatal sebenarnya normal di masa awal pertumbuhan brewok dan dengan perawatan yang tepat serta kesabaran, lambat laun rasa gatal itu akan menghilang dengan sendirinya. Kalau Bro ingin mengurangi rasa gatal, Bro bisa lakukan beberapa tips berikut:

Bersihkan secara rutin

Menjaga kebersihan brewok atau jenggot adalah hal yang penting untuk dilakukan serta bisa menghindarkan Bro dari rasa gatal akibat iritasi. Lakukan cleansing atau bersihkan wajah secara rutin dengan menggunakan pembersih berbahan natural atau sikat wajah khusus brewok atau jenggot. Bro juga bisa menggunakan produk dengan kandungan salicylic acid atau asam salisilat yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab tersumbatnya pori-pori. Jika bisa, gunakan shampo dan kondisioner khusus untuk brewok terutama yang mengandung minyak alami seperti minyak argan atau minyak jojoba. Gunakan air hangat atau air suhu normal dan hindari penggunaan air panas untuk membersihkan wajah. 

Gunakan pelembab

Untuk mengatasi masalah gatal pada brewok, Bro juga harus rutin menggunakan pelembab setelah membersihkannya. Ada banyak pelembab yang bisa digunakan termasuk beard oil. Bisa dibilang beard oil adalah pelembab wajib bagi pria yang memiliki brewok karena yang ini dapat melembabkan sekaligus membuat brewok lebih lembut. Dengan kondisi brewok yang lebih ternutrisi dan lembab, rasa gatal bisa dikurangi dan brewok akan tumbuh lebih sehat dan lebat.

Brushing

Menyisir jenggot atau brewok juga bisa membantu brewok atau jenggot tumbuh lebih sehat dan lebat serta menghindarkan Bro dari rasa gatal. Dengan menyisir jenggot atau brewok menggunakan sisir khusus atau brush, beard oil dapat didistribusikan secara merata ke seluruh bagian brewok sehingga tidak ada bagian yang terlewat. Pastikan Bro rutin menyisir brewok atau jenggot setelah menggunakan pelembab atau beard oil favorit agar tampilan brewok terlihat lebih rapi dan halus.

Trimming

Salah satu cara lainnya untuk mengurangi atau menghindari rasa gatal pada brewok adalah dengan melakukan trimming atau pencukuran ujung brewok atau jenggot secara rutin. Bro bisa gunakan alat cukur yang berkualitas untuk mendapatkan hasil cukur yang baik dan Bro bisa menyesuaikan panjang brewok yang akan dicukur. Selain dengan menggunakan alat cukur atau trimming, Bro juga bisa gunakan gunting untuk memangkas ujung brewok atau jenggot maupun kumis. Jika Bro menemukan rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair, Bro bisa mengambilnya dengan menggunakan clip atau tweezer. 

Pola hidup sehat

Kesehatan kulit dan rambut tentu tidak hanya ditentukan dari perawatan luar saja tetapi juga dari dalam. Dengan mempraktekkan pola hidup sehat Bro juga bisa mendapatkan brewok yang lebih lebat dan sehat.  Agar terhindar dari masalah brewok seperti rasa gatal Bro bisa mengkonsumsi makanan sehat termasuk makanan kaya vitamin D dan biotin yang baik untuk mendukung pertumbuhan brewok. Supaya peredaran darah lancar dan nutrisi dapat dialirkan pada rambut khususnya brewok maupun jenggot, Bro juga mesti rutin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari. 

Menumbuhkan brewok atau jenggot memang memiliki tantangan tersendiri bagi pria. Bro tentu bisa mengatasi tantangan ini dengan berjalannya waktu. Kalau Bro ingin memelihara jenggot tanpa mengalami masalah berarti, Bro bisa gunakan produk grooming berkualitas seperti produk yang diluncurkan oleh Maaz Grooming. Jika tertarik mencobanya, Bro bisa daftarkan email dan subscribe untuk mendapatkan informasi dan promosi yang menarik. 

 

Tulis komentar