Brewok Pattimura dan Brewok Pahlawan Termasyhur Lainnya dalam Sejarah

Brewok Pattimura dan Brewok Pahlawan Termasyhur Lainnya dalam Sejarah

Budaya memelihara brewok tidak hanya dimiliki pria dari negara lain saja, di Indonesia sendiri tren memanjangkan brewok juga tengah populer. Banyak pria Indonesia yang mulai menumbuhkan brewok, jenggot atau kumis agar terlihat lebih maskulin dan macho. Kalau Bro adalah pria Indonesia yang sadar untuk merawat jenggot atau brewok, maka Bro juga harus tahu pemilik brewok termasyur dalam sejarah negara Indonesia. Kira-kira Bro bisa tebak siapa saja tokoh Indonesia inspiratif yang juga memelihara brewok atau jenggot? Ayo ingat kembali sejarah Indonesia untuk mengenang jasa mereka dan tentunya mendapatkan inspirasi merawat jenggot agar terlihat lebih menawan.

Kumis khas Bung Tomo, brewok pahlawan Indonesia

Tokoh Indonesia dengan brewok dan kumis yang mesti Bro ketahui!

Ada banyak pahlawan nasional yang berperan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Beberapa pahlawan diantaranya juga punya brewok dan kumis keren yang bisa jadi inspirasi. Tidak hanya menginspirasi untuk berkarya untuk bangsa, gaya para pahlawan juga bisa jadi inspirasi untuk tampilan brewok atau kumis yang epik.

Pattimura

Pattimura atau Thomas Matulessy adalah pahlawan nasional yang berasal dari Ambon, Maluku. Lahir pada tanggal 8 Juni 1783 di pulau Saparua, Pattimura   membantu rakyat Maluku melawan penjajahan Belanda dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Soeharto pada tahun 1973. Gambar beliau juga menjadi simbol untuk uang pecahan Rp 1000 yang diterbitkan sejak tahun 2000. Dari lukisan Pattimura, Bro bisa lihat jika beliau juga memiliki brewok yang cukup lebat dengan style Chin Strap. Bro bisa jadikan model brewok Pattimura dan perjuangannya sebagai inspirasi.

Sisingamangaraja XII

Pahlawan nasional Indonesia, Sisingamangaraja XII atau Patuan Bosar Ompu Pulo Batu (1849-1907) adalah seorang raja terakhir suku Batak yang berasal dari daerah Toba, Sumatera Utara. Beliau membantu rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda di tahun 1878 dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional di tahun 1961. Sisingamangaraja XII pernah dijadikan simbol dalam mata uang pecahan Rp 1000 dan Bro juga bisa tahu jika beliau juga punya brewok yang ikonik. Bisa dibilang brewok Sisingamangaraja XII adalah model brewok Chin Curtain, yang hampir sama dengan Chin strap hanya saja tanpa adanya kumis. Bro bisa coba gaya brewok ini kalau Bro bukan seseorang yang gemar memelihara kumis.

Cokroaminoto

Tokoh Indonesia lainnya yang terkenal dan memiliki kumis adalah Raden Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal sebagai H.O.S Cokroaminoto. Tokoh yang satu ini adalah pimpinan Sarekat Islam yang merupakan organisasi pertama di Indonesia. Cokroaminoto lahir di Ponorogo pada tanggal 16 Agustus 1882 dan merupakan anak kedua dari R.M Tjokroamiseno yang ketika itu merupakan seorang pejabat pemerintah. Brewok Cokroaminoto tidak begitu nampak dan dari lukisannya, Bro bisa lihat kalau beliau memiliki kumis tipis dengan style handlebar. Kalau Bro suka memelihara kumis dan ingin terlihat lebih unik, Bro bisa coba style kumis seperti milik Cokroaminoto.

Bung Tomo

Siapa yang tak kenal dengan pejuang asal Surabaya satu ini? Ya, Sutomo atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bung Tomo. Tokoh yang lahir pada tanggal 3 Oktober 1920 ini adalah pemuda yang membangkitkan semangat rakyat dalam melawan penjajah Belanda dan dikenal dalam pertempuran 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai hari pahlawan.  

Sutomo kemudian dinobatkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2007. Jika Bro bisa mengamati, bung Tomo punya brewok tipis dengan model Thin beard. Model brewok ini cocok untuk Bro yang punya brewok patchy atau tidak merata. Bro bisa coba style kumis Bung Tomo jika brewok Bro tidak tumbuh terlalu panjang atau lebat. 

Sultan Hassanuddin

Sultan Hasanuddin dikenal sebagai raja dari Gowa ke-16. Pahlawan nasional yang lahir dengan nama Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape ini memimpin rakyat Makassar melawan VOC pada abad ke-17. Dengan adanya perjuangannya tersebut, Sultan Hasanuddin lantas diberi gelar pahlawan nasional pada tahun 1973. Dari lukisannya, Bro bisa lihat kalau Sultan Hasanuddin juga punya brewok yang cukup kentara. Jika diperhatikan brewok Sultan Hasanudin adalah brewok dengan style short boxed. Short boxed beard sendiri adalah tipe brewok versi pendek dari full beard. Model brewok ini salah satu yang paling klasik  dan cocok untuk pria dengan wajah yang bulat atau cenderung oval.

Gatot Subroto

Pahlawan Indonesia lainnya yang juga dikenal memiliki brewok adalah Jenderal TNI Gatot SuBroto. Jenderal kelahiran Banyumas, 10 Oktober 1907 ini dikenal sebagai tokoh militer yang membantu perjuangan Indonesia dengan membentuk TKR atau Tentara Keamanan Rakyat yang merupakan asal mula TNI saat ini. Beliau mendapatkan gelar pahlawan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1962, seminggu setelah wafat dan dimakamkan di desa Mulyoharjo, Ungaran. Dikenal sebagai pemimpin yang disiplin dan tegas, jenderal Gatot SuBroto punya brewok yang lebat dengan style goatee. Goatee sendiri adalah style brewok dengan rambut yang lebat di area dagu dan tidak di daerah wajah lainnya. Goatee juga biasanya menghubungkan brewok pada dagu dengan kumis. Bro bisa coba style ini kalau Bro ingin tampil klasik. 

Tips merawat brewok bak pahlawan

Bro tidak harus jadi pahlawan jika ingin tampil keren dan disegani. Lakukan hal sederhana dan buatlah orang terkesan baik dengan penampilan maupun perbuatan. Berikut tips merawat brewok supaya tumbuh lebat dan keren.

  1. Rutin bersihkan brewok kalau Bro tidak mau mengalami masalah seperti beardruff atau ketombe pada brewok.
  2. Gunakan sabun khusus untuk membersihkan brewok dan jangan lupa gunakan juga kondisioner untuk membuatnya lebih halus dan mudah ditata.
  3. Jangan lewatkan penggunaan beard oil atau beard serum yang terbuat dari bahan alami setelah membersihkan brewok, beard oil berfungsi sebagai pelembab agar kulit terhidrasi dan brewok lebih sehat berkilau.
  4. Gunakan sisir dan sikat khusus jenggot untuk menata rambut pada wajah.
  5. Lakukan trimming atau pemangkasan ujung brewok jika brewok mulai terlihat tidak rapi dan tidak sama panjang.  
  6. Bentuk brewok, jenggot atau kumis sesuai bentuk wajah agar tampak lebih menarik.

Itulah beberapa pahlawan nasional Indonesia yang termasyur dan memiliki brewok yang ikonik. Apa Bro tahu pahlawan lain yang punya style brewok keren? Brewok bisa jadi pendukung penampilan agar tampak lebih maskulin dan disegani. Meski Bro bukan seorang pahlawan seperti mereka, Bro tetap bisa tampil gagah layaknya pahlawan dengan merawat brewok yang Bro miliki. Jangan lupa gunakan produk khusus untuk merawat brewok seperti produk dari Maaz Grooming. Tertarik untuk mencobanya? Bro bisa daftarkan email dan subscribe untuk mendapatkan informasi seputar perawatan brewok, jenggot maupun kumis plus promo menarik. Jangan sampai ketinggalan!

Tulis komentar